Nasional

"Walk The Talk Meeting" Usai Miniterial Meeting, Menko Airlangga Ajak Delegasi Indonesia-Singapura Melakukan Site Visit dan Groundbreaking di KEK Kendal

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 18/08/2023 20:41 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Upaya diplomasi ekonomi Indonesia kepada negara-negara lain bukan hanya hisapan jempol belaka. Hal ini tergambar dari berbagai hasil nyata kerja sama internasional antara Indonesia dengan negara mitra, salah satunya Singapura.

Usai menggelar The 13th Ministerial Meeting of the Indonesia-Singapore Six Bilateral Economic Working Groups, Jumat (18/08), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gam Ki Yong beserta para delegasi Indonesia-Singapura melakukan site visit ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal untuk meninjau progres Kendal Industrial Park (KIP) sebagai hasil kerja sama yang konkret dan saling menguntungkan. Pada kesempatan tersebut Menko Airlangga juga menghadiri groundbreaking ceremony PT. Dongjin Textile Indonesia di kawasan tersebut.

“Ini adalah pertama kalinya melakukan meeting dengan enam working groups dan secara langsung dilanjutkan dengan site visit. Jadi, kita tidak hanya meeting, tetapi kita juga walk the talk,” tegas Menko Airlangga.

Lebih lanjut Menko Airlangga mengatakan bahwa KIP telah menunjukkan kemajuan yang luar biasa sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada November 2016 dan resmi ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada Desember 2019. Hingga Juli 2023, KIP telah menarik 90 investor dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, China, Taiwan, Jerman, dan Hong Kong serta telah mengumpulkan investasi senilai US$3,37 miliar dan menciptakan hampir 30 ribu lapangan kerja.

Usai melakukan site visit bersama para delegasi, masih di dalam kawasan KEK Kendal Menko Airlangga menggelar sesi doorstop  dan menjelaskan kepada awak media tentang hasil ministerial meeting yang digelar pagi tadi. Menko Airlangga menyampaikan tentang peninjauan regulasi terkait dengan longterm visa atau golden visa yang diharapkan bisa dilakukan agar kerja sama antara Indonesia dan Singapura semakin kuat.

Kemudian terkait kunjungannya ke KEK Kendal, Menko Airlangga menuturkan bahwa PT Donjin Textile merupakan salah satu supplier utama untuk beberapa produk shoes&apparel dan pabrik ini merupakan pabrik kedua yang dibangun perusahaan tersebut di Indonesia.

“Pendirian pabrik ini diharapkan juga menambah investasi dan kepercayaan terhadap Kawasan Industri dan KEK di Kendal,” pungkas Menko Airlangga.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Bupati Kendal, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian, Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian, Staf Ahli Bidang Regulasi, Penegakan Hukum, dan Ketahanan Ekonomi Kemenko Perekonomian, beserta Delegasi Indonesia-Singapura, dan jajaran PT Donjin Textile Indonesia. 

Artikel Terkait