Nasional

Sekjen PBB: Bhineka Tunggal Ika Kunci Masa Depan

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 07/09/2023 14:24 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Gutteres mengatakan Bhinneka Tunggal Ika bukan hanya semboyan nasional bangsa ini. Tetapi juga merupakan kunci untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi semua.

"Kita membutuhkan kerja sama di semua lini untuk meredakan ketegangan dari Laut Cina Selatan hingga semenanjung Korea dengan mengedepankan dialog dan mempromosikan penghormatan terhadap hukum internasional," katanya dalam konferensi pers Pertemuan Puncak ASEAN di Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Dalam kesempatan itu ia juga memuji advokasi Indonesia dalam krisis iklim, pembangunan berkelanjutan, dan Non Proliferasi serta perlucutan senjata. "Dan saya sangat bersyukur karena lebih dari 5000 pasukan penjaga perdamaian dari Indonesia dan negara anggota ASEAN lainnya bertugas di seluruh dunia," katanya.

Guterres mengatakan saat ini dunia sedang berada di ambang batas serangkaian krisis. Mulai memburuknya kedaruratan iklim, meningkatnya perang dan konflik, hingga kemiskinan, meluasnya ketidaksetaraan, dan meningkatnya ketegangan geopolitik. 

Ia mengatakan ada risiko nyata dari fragmentasi, perpecahan dalam sistem ekonomi dan keuangan dengan perbedaan strategi dalam teknologi dan kecerdasan buatan serta kerangka kerja keamanan konflik. 

"Saya memuji ASEAN dan negara-negara anggota ASEAN atas peran penting mereka dalam membangun jembatan pemahaman, karena ASEAN telah menjadi faktor penting bagi persatuan di dunia yang terpecah belah," kata Guterres.

"Dan kita membutuhkan hal ini lebih dari sebelumnya, di dunia yang semakin multipolar dan membutuhkan lembaga multilateral yang kuat untuk mengikutinya yang kuat berdasarkan kesetaraan, solidaritas, dan universalitas."

Artikel Terkait