Nasional

Bhaksos Ladokgi TNI AL, Pasang Gigi Tiruan Gratis untuk Legiun Veteran

Oleh : luska - Jum'at, 08/09/2023 17:31 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi)  TNI Angkatan Laut RE Martadinata menggelar kegiatan Bhakti Sosial Pembuatan Gigi Tiruan massal gratis bagi Veteran RI.  Fasilitas gigi tiruan diberikan untuk memberikan apresiasi kepada para sesepuh pejuang Veteran RI, untuk menunjang dan mengembalikan fungsi kunyah yang kebanyakan dari mereka sudah hilang giginya, diharapkan dengan dibuatkan gigi tiruan tersebut akan bisa membantu dalam mengunyah makanan guna menjaga kesehatan tubuh. 

Lembaga Kedokteran Gigi TNI Angkatan Laut RE Martadinata  menggelar kegiatan bakti sosial pembuatan gigi tiruan lepasan massal gratis bagi Veteran di Jakarta, selama beberapa hari dimulai Kamis tanggal 07 September 2023 sampai dengan 11 September 2023. 

Kepala Ladokgi TNI AL RE Martadinata Laksamana Pertama TNI DR. drg. Wawan Suridwan.,Sp.,Prostho menyatakan, dengan pemasangan gigi tiruan akan membantu proses penyerapan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh karena dengan gigi tersebut dapat mengunyah dengan baik, sehingga nutrisi akan dapat diserap dengan baik oleh tubuh.  

“Hal ini dikarenakan sistem pengunyahan akan berfungsi secara normal kembali dengan adanya gigi. Selain itu secara estetika gigi tiruan membantu veteran tampil berwibawa dan bisa kembali tersenyum lebar.  Sekitar 250 (dua ratus lima puluh) veteran ditargetkan menerima bantuan gigi tiruan ini,”  ujar Kaladokgi TNI AL RE Martadinata. 

Kepala Ladokgi TNI AL RE Martadinata Laksamana Pertama TNI Wawan Suridwan menambahkan,  “Jadi memang kita memberikan fasilitas gigi tiruan ini supaya para sesepuh kita ini bisa melakukan pencernaan dengan baik sehingga bisa dapat nutrisi dan bisa terjaga kesehatannya selain itu setelah estetika yang mungkin dari penampilannya sehingga dalam hal tampil di masyarakat juga bisa lebih berwibawa ya,  kalau giginya lengkap.”  

Sekjend LVRI Laksdya (Purn) Djoko Sumaryono  (Mantan Kabakamla) yang hadir dalam kesempatan  menyampaikan ucapan banyak terimakasih ke TNI AL khususnya  Ladokgi TNI AL yang sudah memberikan bakti dan apresiasi kepada para Legiun Veteran RI. “Mereka merasa sangat terbantu karena sebelumnya dalam membuat gigi tiruan mereka mengeluarkan uang yang tidak sedikit, mereka sangat terharu baru kali ini ada apresiasi pembuatan gigi tiruan gratis massal bagi mereka, dan kami  mengharapkan kegiatan ini bisa berlanjut kedepannya, diantara mereka ada yang berusia 96 tahun.”

Ketua Pelaksana Bhakti Sosial Ladokgi TNI AL RE Martadinata Kolonel Laut (K) drg.Muh.Arifin.,Sp.,Ort menyatakan bhakti  sosial ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut HUT TNI AL,  HUT Ladokgi, HUT kesehatan TNI AL, HUT TNI dan Hari Pahlawan.

 

Artikel Terkait