Gaya Hidup

Peragaan Busana Hanbok Peringati 50 Tahun Hubungan Indonesia-Korea

Oleh : rio apricianditho - Sabtu, 09/09/2023 14:38 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Peragaan Busana Hanbok “Hanbok Wave” digelar Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata dan penyelenggara Yayasan Kerajinan dan Desain Korea Selatan, dihadiri langsung Presiden Yayasan Kerajinan dan Desain Korea Jang Dong-kwang. peragaan busan tersebut dalam rangka merayakan 50 tahun hubungan diplomasi antara Indonesia dan Korea.

Peragaan ini mengangkat tema `Masa Depan Kuno` digelar di K-Brand Pusat Promosi Luar Negeri (KOREA 360) yang terletak di Lotte Avenue Jakarta. Peragaan busana yang menyajikan 600 tahun sejarah transformasi Hanbok mulai dari masa akhir Dinasti Koryo hingga Dinasti Chosun serta masa modern dan saat ini. Peragaan busana tradisional Korsel cukup menarik hingga mendapat sambutan hangat masyarakat yang berkunjung ke pusat perbelanjaan di bilangan kawasan SetiaBudi, Jakarta Selatan.

Peragaan busana diawali dengan ditampilkannya busana Hanbok dari akhir Dinasti Koryo hingga Dinasti Chosun dan zaman modern secara berurutan. Peragaan busana ini memperkenalkan perubahan bentuk busana wanita dari Dinasti Koryo dan transformasi Jogori(kemeja) mulai dari zaman Dinasti Chosun sampai zaman modern, serta pakaian pernikahan dan pakaian yang dikenakan di luar rumah dari akhir Dinasti Joseon. 10 koleksi Hanbok tradisional yang mewarnai panggung mengundang kekaguman dari para penontonnya.

Selanjutnya, ditampilkanlah Hanbok Modern dengan sensibilitas modern, yang merupakan tafsiran ulang berdasarkan tradisi. Proyek “Hanbok Wave” yang diselenggarakan oleh YKDK menyuguhkan 12koleksi busana Hanbok buah yang didesain dan dikembangkan oleh Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Korea. Peragaan busana yang memperkenalkan Hanbok dari yang bergaya sederhana hingga mewah ini berlangsung dengan sukses.

Ada 9 perusahaan Hanbok yang turut berpartisipasi, antara lain,  Giroe, Live Damyeon, Lisle, Morinori, Chai Kim, Hapli, Hanbok Studio Hyeon,  Hyemi by Saimdang,  Hyeyum Hanbok.  Presiden YKDK, JANG, Dong-kwang mengatakan, “Kami sangat berbahagia dapat melangsungkan Peragaan Busana Hanbok di Jakarta, yakni pusatnya Korean Wave dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan diplomasi Indonesia-Korea”. “Kami akan terus memimpin dalam memperkenalkan Hanbok sebagai lambang Korean Wave ke seluruh dunia demi perluasan promosi budaya Korean Wave”, tambahnya.

Presiden YKDK, JANG, Dong-kwang mengatakan, “Kami sangat berbahagia dapat melangsungkan Peragaan Busana Hanbok di Jakarta, yakni pusatnya Korean Wave dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan diplomasi Indonesia-Korea”. “Kami akan terus memimpin dalam memperkenalkan Hanbok sebagai lambang Korean Wave ke seluruh dunia demi perluasan promosi budaya Korean Wave”, tambahnya.

Sementara itu, sebagai bagian dari proyek “Hanbok Wave”, YKDK berencana untuk memperkenalkan Hanbok desain baru untuk pertama kalinya melalui papan pajangan elektronik di Times Square, New York, AS, pada bulan Desember 2023. Selain itu, peragaan busana Hanbok “Hanbok Wave” telah digelar di London, Inggris dan Milan, Italia, dan mendapat tanggapan positif di Jakarta, Indonesia, sehingga perhatian akan tertuju pada dimana peragaan busana Hanbok akan diselenggarakan tahun depan.




 

 
 

Artikel Terkait