Nasional

Top! Sulap Layanan Publik Kabupaten Maybrat, Pj Bupati Bernhard Adopsi SPBE Sumedang

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 12/09/2023 15:58 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya berambisi untuk meningkatkan layanan publik di daerah tersebut. Dalam rangka mewujudukan langkah ambisius tersebut, pihak pemerintah lantas mengadopsi Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik (SPBE) yang telah sukses diterapkan di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Penjabat (Pj) Bupati Maybrat, Bernhard Eduard Rondonuwu mengatakan, SPBE telah membantu Kabupaten Sumedang dalam meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas layanan publik. Maka dari itu, pihaknya ingin melakukan hal sama di wilayah yang dipimpinnya.

“Kami ingin menerapkan sistem serupa di Kabupaten Maybrat untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada warga kami. Agar mendapatkan dukungan samua pihak, hari ini kami berkunjung ke Sumedang didampingi ketua DPRK Maybrat mendengarkan langsung pemaparan penerapan SPBE di Sumedang,” ujarnya.

Bernhard menambahkan, langkah tersebut bertujuan untuk menghadirkan layanan yang lebih efisien dan mudah diakses bagi masyarakat Kabupaten Maybrat. SPBE memiliki potensi untuk mengurangi birokrasi, mempercepat proses administrasi, dan meningkatkan transparansi dalam layanan publik.

“Kami tunggu kehadiran Pemerintah Sumedang ke Maybrat dan mempelajari kultur disana, selanjutnya kami akan melakukan magang di Kabupaten Sumedang mempelajari implementasi SPBE secara langsung agar bisa memahami lebih lanjut tentang teknologi dan proses yang telah terbukti,” tambahnya.

Menurutnya, Kabupaten Maybrat berkomitmen untuk terus berusaha meningkatkan kualitas hidup warga dan kemajuan wilayah mereka. Adopsi SPBE mungkin akan menjadi langkah penting dalam mencapai tujuan ini.

“Pemerintah setempat akan terus bekerja sama dengan pihak terkait dan masyarakat dalam merancang langkah-langkah konkrit untuk masa depan yang lebih baik,” katanya.

Ketua DPRK Maybrat Provinsi Papua Barat Daya, Habel Howay, S.Sos mengapresiasi penerapan SPBE di Kabupaten Sumedang yang telah berhasil memberikan dampak positif dan menjadi percontohan di wilayah Indonesia.

“Melihat prestasi tersebut, kita memberikan dukungan sepenuhnya kepada Pj Bupati bersama-sama eksekutif, untuk mengadopsi SPBE demi kesejahteraan pembangunan di Maybrat,” ujarnya.*

Artikel Terkait