Sosok

Gado-gado Indonews 021: Mengenal Sosok Ganjar Pranowo Calon Presiden Yang Dipersiapkan PDIP

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 22/09/2023 10:35 WIB


Oleh Zaenal Abidin

Jakarta, INDONEWS.ID - Lelaki scorpio yang jepitannya ngangenin lahir 28 Oktober 1968 di desa dekat lereng gunung Lawu karanganyar Jawa Tengah, dari rahim ibu Suparni yang berayah pak Pamudji.

Anak ke 5 dari 6 bersaudara. Ayahnya seorang polisi yang pernah di tugaskan memberantas gerakan PRRI di Sumatera tengah (jambi sumbar dan riau) sehingga untuk mengingat peristiwa itu 3 kakaknya Ganjar diberi nama depan PRI, Pri kuntandi, Pripambudi dan Priyadi.

Nama awal nya sebenarnya Ganjar Sungkowo artinya Ganjaran kepedihan, tetapi memasuki sekolah berubah jadi Ganjar Pranowo, orang tuanya takut masa depan sang anak berkubang kesedihan kalau tidak segera di ubah

Memasuki usia SMP orang tuanya ditugaskan ke purworejo kampung istrinya SBY, ganjar pun masuk SMP negeri 3 purworejo, lulus langsung masuk SMA Bopkri 1 yogjakarta. Ganjar aktif di Pramuka sebelum lulus SMA ayahnya keburu pensiun, sehingga untuk menolong ekonomi keluarga Ganjar membuka kios bensin eceran di depan rumah.

Lulus SMA ganjar masuk fakultas hukum universitas Gadjah Mada, aktif di organisasi GMNI sambil nyalurkan hobi di Mapala pencinta alam sambil mengkader anak anak SMA di Jogja. Suka demo dan membaur dengan mahasiswa lain termasuk kasus kedung ombo dan mendemo rektor prof Kusnadi. Kemudian dia memperdalam ilmu sosial dan politik di Universitas Indonesia untuk meraih S2

Tahun 1999 Ganjar menikahinya Siti Atikoh anak ulama NU dari Purbalingga, perkawinan Merah dan Hijau kemudian melahirkan Muhamad Zinedine Ganjar anak satu satunya mas Ganjar yang lahir tahun 2001, kini Zinedine di teknik industri UGM.

Ganjar dan istrinya hobi ngegowes sepeda pernah satu hari pak gubernur jateng ini nyusruk di jalan aspal yang membuat tangannya cidera. (berlanjut...)

Artikel Terkait