Daerah

Jenazah Siswi dan Korban Tenggelam Peserta Kontingen LPI SMKN 2 Elar Diantar ke Lempang Paji, Elar Selatan Pagi Ini

Oleh : very - Jum'at, 29/09/2023 11:24 WIB

Turut berdukacita: seorang siswa SMKN 2 Elar yang meninggal akibat tenggelam di kawasan Pantai Dampek Desa Satar Padut, Kecamatan Lamba Leda Utara Kabupaten Manggarai Timur. (Foto: Ist)

 

Dampek, INDONEWS.ID - Jenazah seorang siswi yang tergabung dalam kontingen peserta Liga Pelajar Indonesia ( LPI ) Tingkat SMK Se-Kabupaten Manggarai Timur dan beberapa korban lain yang terjadi dalam kecelakaan akibat tenggelam di kawasan Pantai Dampek Desa Satar Padut, Kecamatan Lamba Leda Utara Kabupaten Manggarai Timur, diantar ke kampung halamannya di Kelurahan Lempang Paji, Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pagi ini, Jumat (29/9).

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Puskemas Pembantu (Pustu) Kecamatan Elar Selatan pagi ini, pemberangkatkan pulang kontingen peserta LPI SMKN 2 Elar dan jenazah siswi yang meninggal tersebut dipimpin oleh Camat Lamba Leda Utara Agustinus Supratman, S. Ip dan 2 orang anggota Polsek Lamba Leda menuju Kelurahan Lempang Paji, Elar Selatan.

“Ijin melaporkan, persiapan dan pemberangkatan pulang Kontingen peserta LPI SMKN 2 Elar dan jenazah siswi yang meninggal ke Elar Selatan dipimpin oleh Camat Lamba Leda Utara Bpk. Agustinus Supratman, S. Ip dan 2 orang Anggota Polsek Lamba Leda menuju Elar Selatan,” ujarnya, Jumat (29/9).

Seperti diketahui, Kamis (28/9) terjadi peristiwa yaitu tenggelamnya 4 orang siswi peserta LPI dari SMKN 2 Elar. Satu (1 orang) meninggal dan 3 orang lainnya dirawat di Puskesmas Dampek dalam peristiwa tersebut.

Korban meninggal atas nama Euforsina Cita Woa (16 tahun) yang beralamat di Liur, Kelurahan Lempang Paji, Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur. Dia merupakan siswa SMKN 2 Elar.

Korban lain atas nama Magdalena Cindy Landang saat ini dalam kondisi menurun yang disebabkan karena meminum air laut dalam jumlah banyak. Korban saat ini telah dirujuk dari Puskesmas Dampek ke RSUD Ben Mboy Ruteng untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

 

(Korban yang selamat sedang dirawat di Puskesmas Dampek. Foto: Ist)

Kronologis Peristiwa

Pada hari Kamis tanggal 28 September 2023 pukul 16.00 wita bertempat di Kawasan Pantai Dampek Desa Satar Padut Kecamatan Lamba Leda Utara Kabupaten Manggarai Timur, telah terjadi kecelakaan/peristiwa tenggelamnya Siswa/i peserta Liga Pelajar Indonesia ( LPI ) Tingkat SMK Se-Kabupaten Manggarai Timur.

Sekitar pukul 14.30 wita 46 orang Siswa/i peserta LPI SMKN 2 Elar asal Kecamatan Elar Selatan bersama para guru yang berjumlah 11 orang menuju ke kawasan pantai Dampek untuk berekreasi.

Saat tiba di pantai, rombongan dibagi dua yaitu sebagian mencari siput di pantai dan sebagian lagi menuju pantai.

Sebagian Siswa/i melakukan kegiatan bermain Volly di laut. Korban meninggal atas nama Eufrosina Cita Woa hendak mengambil bola yang semakin jauh ke dalam laut.

“Korban akhirnya tenggelam karena air laut semakin dalam dan arus laut. Teman-temannya yang lain berusaha menolong tapi karena rata-rata tidak bisa berenang dan malah ikut tenggelam,” demikian laporan tersebut.

Sekitar pukul 16.00 wita ada siswi yang berteriak minta tolong dan didengar oleh para guru dan siswa/i yang lain. Setelah berhasil ditolong korban langsung dievakuasi ke Puskesmas Dampek. Petugas medis segera melakukan pertolongan namun salah satu siswi dari 4 orang siswi yang tenggelam tersebut tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia.

Berikut data korban meninggal dan korban yang dirawat:

1.Meninggal Dunia

-Nama : Euforsina Cita Woa

Umur  : 16 tahun

Agama : Katholik

Jenis Kelamin : Perempuan

Sekolah : SMKN 2 Elar

 

2.Korban Tenggelam dan sudah sadar :

-Nama : Morensia Nanda

Umur : 17 tahun

Agama : Katholik

Jenis Kelamin : Perempuan

Sekolah : SMKN 2 Elar

 

-Nama : Yuliana Pau

Umur : 16 tahun

Agama : Katholik

Jenis Kelamin : Perempuan

 

-Nama : Magdalena Cindy Landang

Umur : 16 tahun

Agama : Katholik

Jenis Kelamin : Perempuan

Sekolah : SMKN 2 Elar. ***

Artikel Terkait