Pemimpin Transformatif: Miliki Pengetahuan, Ketrampilan dan Hati Bagi Penanggulangan Bencana

Oleh : very - Jum'at, 29/09/2023 21:14 WIB

Benny Susetyo. (Foto;Ist)

PADANG, INDONEWS.ID - Dialog budaya dalam acara Jambore Nasional Forum Penanggulangan Bencana (FRB) menjadi ajang penting dalam upaya manajemen pencegahan dan penanggulangan bencana di seluruh Indonesia, pada hari ini, Jumat (29/9).

Ajang ini membahas mengenai kepemimpinan transformatif terkait manajemen bencana khususnya menjelang tahun politik 2024.

Dalam acara yang diselenggarakan secara hybrid tersebut, Antonius Benny Susetyo sebagai pembicara menyatakan bahwa pengurangan risiko bencana telah menjadi perhatian utama bagi kita semua.

“Namun, pentingnya pemimpin yang berorientasi pada pengurangan risiko bencana dan memiliki kepedulian terhadap literasi bencana tidak boleh diabaikan. Pemimpin transformatif dalam konteks ini tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga hati yang peduli terhadap penanggulangan bencana,” ujar Benny.

Lebih lanjut, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP tersebut menekankan bahwa pemimpin yang memiliki hati untuk penanggulangan bencana adalah kunci bagi masa depan.

“Mereka harus memiliki kesadaran akan pentingnya persiapan masyarakat dalam pendidikan sadar bencana. Pemimpin semacam itu juga akan mengupayakan anggaran yang cukup untuk teknologi guna meningkatkan responsibilitas terhadap bencana,” katanya.

Pemimpin transformatif, kata Benny, dapat muncul dalam berbagai jabatan, termasuk kepala daerah atau pejabat publik. Mereka diharapkan sudah memiliki kesadaran akan risiko bencana yang selalu mengintai, seperti gempa bumi, banjir, longsor, dan bencana ekologi lainnya.

Ini, katanya, mencerminkan tanggap pemimpin terhadap nilai-nilai kemanusiaan seturut dengan Pancasila.

Doktor Ilmu Komunikasi Politik itu mengatakan, dalam memilih pemimpin, penting untuk tidak hanya melihat kecerdasan retorika atau janji, tetapi juga hati pemimpin terhadap masalah penanggulangan bencana.

“Pemimpin yang punya hati akan secara alami mengedepankan kesadaran masyarakat terhadap pendidikan sadar bencana dan mengalokasikan anggaran dan teknologi yang memadai untuk responsibilitas bencana,” ucapnya.

Benny juga mengingatkan dalam acara yang dihadiri oleh para anggota forum penanggulangan bencana dari seluruh Kabupaten/Kota seluruh Sumatera Barat itu bahwa kepemimpinan transformatif memerlukan pemimpin yang rendah hati dan peka terhadap masalah-masalah kemanusiaan.

Karena itu, masyarakat harus mencari pemimpin yang memiliki hati, rasa kemanusiaan, dan rekam jejak baik dalam menangani bencana. Pemimpin yang tidak memiliki kesadaran akan risiko bencana dan hati yang peduli tidak akan mampu memimpin dalam pengurangan risiko bencana.

Kerja sama melalui media sosial, menurut Benny, dapat menjadi alat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memilih pemimpin yang peduli terhadap masalah bencana. Prioritas harus diberikan pada pemimpin yang siap mengalokasikan anggaran yang cukup untuk merespons risiko bencana.

Dalam dialog budaya yang antara lain dihadiri oleh Ninil Rmj, Sekjen Planas dan dosen Manajemen Bencana Universitas Airlangga dan Direktur Kesiapsiagaan BNPB Pangarso Utomo ini, Benny mengatakan, dengan adanya forum dialog budaya dalam jambore nasional forum penanggulangan bencana ini diharapkan dapat memainkan peran penting dalam upaya mencari pemimpin yang peduli terhadap bencana.

“Pemimpin yang memiliki pengetahuan dan kemampuan  untuk membuat sistem pencegahan dan penanggulangan bencana yang efektif dengan  membangun kesetaraan, melindungi hak-hak semua individu, dan berusaha untuk meminimalkan ketidaksetaraan di masyarakat, khususnya dalam upaya penanggulangan bencana hingga kesadaran akan risiko bencana dan kepedulian terhadap masyarakat dan dapat menjadi landasan untuk memimpin  yang akan membawa kita menuju masa depan penanggulangan bencana yang lebih baik dan tepat guna,” pungkasnya. ***

Artikel Terkait