Bisnis

Waspada Bahaya Dampak Polusi Udara Pada Anak dan Cara Menghindarinya

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 10/10/2023 01:10 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Akhir-akhir ini polusi udara terutama di wilayah ibukota semakin meningkat. Sehingga tentu saja hal ini menimbulkan dampak polusi udara pada anak yang kurang baik. Sayangnya masih banyak penduduk di Indonesia yang kurang memperhatikan hal tersebut. Baik apa saja dampaknya hingga seperti apa cara untuk menghindarinya.

Dalam artikel ini akan dijelaskan bebreapa hal penting terkait hal tersebut. Mulai dari dampak polusi udara pada anak yang paling banyak terjadi, hingga seperti apa cara untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari hal tersebut. Lebih jelasnya, simak informasi yang diberikan di bawah ini.

Dampak Buruk Polusi Untuk Kesehatan Anak

Hal pertama yang perlu menjadi perhatian yaitu dampak buruk polusi untuk kesehatan anak. Dalam hal ini anak merupakan salah satu sasaran yang paling mudah merasakan efek buruk karena ketahanan tubuh yang lebih minim dibandingkan dengan orang dewasa. Sehingga tidak heran jika akhir-akhir ini banyak sekali efek yang diterima oleh anak-anak akibat dari udara yang kurang baik dan tercemar tadi. Beberapa dampak buruk polusi ini secara garis besar antara lain sebagai berikut.

Memicu ADHD dan Depresi Anak

Poin pertama yang bisa menjadi salah satu dampak dari adanya polusi di udara sekitar yang buruk yaitu memicu ADHD serta depresi pada anak-anak. ADHD sendiri merupakan kondisi dimana perkembangan neurologis anak tidak maksimal dan mengalami hambatan. Dimana dalam kondisi tersebut maka anak akan mengalami perilaku yang impulsif hingga kecenderungan untuk hiperaktif dan sulit untuk berinteraksi.

Menyebabkan Penyakit ISPA Pada Anak

Berikutnya dampak buruk polusi pada kesehatan anak yang sangat sering dijumpai yaitu adanya resiko penyakit ISPA pada anak. Penyakit ISPA ini sendiri merupakan penyakit yang erat kaitannya dengan saluran pernapasan dan sering kali terjadi akibat kualitas udara sekitar yang kurang baik. Hal ini timbul dengan tanda awal seperti demam dan batuk pilek. 

Sekilas penyakit ini seperti serupa dengan influenza biasa, namun jika ditelusuri lebih jauh penyakit ISPA pada anak dapat berbahaya. Karena lebih lanjut penyakit tersebut akan mengganggu jalannya pernapasan anak sehingga pada akhirnya anak tidak dapat bernafas dengan baik. Hal ini tentu saja meningkatkan resiko kurangnya pasokan oksigen pada tubuh dan terutama pada otak anak. Pada kasus terberat tentunya hal ini juga dapat mengakibatkan resiko kematian pada anak.

Dampak Buruk Polusi Termasuk Mempermudah Memicu Kondisi Asma Anak

Hal lain yang bisa menjadi dampak buruk polusi pada kesehatan anak yaitu memicu timbulnya asma lebih mudah. Terutama pada anak yang memiliki resiko alergi sejak lahir. Dimana hal tersebut akan membuat anak sulit untuk bernapas secara normal dan dapat menimbulkan resiko yang lebih buruk seperti kematian.

Cara Menjaga Kesehatan Anak di Tengah Polusi

Tentu saja dalam kondisi banyaknya dampak polusi udara pada anak, diperlukan kesigapan dari orang tua untuk mengutamakan langkah-langkah terkait dengan cara menjaga kesehatan anak. Terutama di tengah buruknya polusi dan kualitas udara yang ada saat ini. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan anak di tengah polusi antara lain yaitu sebagai berikut.

Membiasakan Penggunaan Masker

Salah satu langkah sederhana yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan anak secara optimal yaitu dengan jalan membiasakan anak untuk menggunakan masker. Terutama apabila bepergian dan harus keluar dari lingkungan rumah. Penggunaan masker merupakan hal utama yang dapat membantu menyaring kualitas udara buruk di sekitar anak sehingga anak dapat menghirup udara yang lebih baik.

Pemilihan jenis masker juga harus diperhatikan dengan baik. Sebisa mungkin menggunakan masker yang bukan hanya nyaman saja, namun juga bisa menyaring udara luar dengan optimal. Oleh sebab itu ada baiknya mencari informasi tentang masker yang sesuai untuk menyaring udara yang dihirup oleh anak.

Mengimbangi Dengan Makanan Bergizi

Makanan yang bergizi juga merupakan salah satu cara untuk memastikan bahwa kesehatan anak terjaga dengan optimal. Perhatikan menu makanan sehari-hari yang disajikan untuk anak dan pastikan mengandung cukup vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga ketahanan tubuh anak. Sehingga dengan demikian ke depannya resiko anak mengalami penyakit akan lebih kecil. Demikian pula resiko mengalami ISPA yang dapat berbahaya pada sistem pernapasan anak.

Menggunakan Produk Kesehatan

Alternatif lain sebaiknya orang tua mulai berpikir untuk memberikan suplemen atau menggunakan produk kesehatan yang dapat diberikan secara rutin pada anak. Pastikan untuk memberikan suplemen dan produk kesehatan yang asli serta berkhasiat. Oleh sebab itu ada baiknya untuk Beli obat ISPA untuk anak di KALStore yang terjamin keaslian dan manfaatnya. Sehingga pemberian produk tersebut benar-benar bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan anak.

Lewat informasi yang telah diberikan di atas tadi, tentu saja sekarang makin jelas dan lengkap pengetahuan orang tua tentang apa saja dampak polusi udara pada anak terutama yang berbahaya. Bukan itu saja, namun lebih lengkap lagi orang tua bisa memahami bagaimana cara terbaik untuk menjaga kesehatan anak di tengah polusi yang sedang marak tersebut.

Melalui pemahaman informasi yang tepat, polusi udara tidak akan menjadi hal yang menakutkan lagi ke depannya. Namun, lebih lanjut masing-masing kita dapat mencari solusi terbaik untuk tetap sehat di tengah udara yang tidak bersahabat. Dengan cara menjaga kesehatan yang tepat di atas, tentunya resiko terserang dampak buruk polusi bisa dihindari semaksimal mungkin.

Artikel Terkait