Nasional

Kirim Bantuan Kemanusian Tiga Kali Lipat ke Gaza, Uni Eropa: Kami Bekerja Keras Memastikan Warga Sipil Dapat Dukungan

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 15/10/2023 09:20 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Komisi Eropa di Brussels, Belgia, menyatakan meningkatkan tiga kali lipat bantuan kemanusiaan untuk Gaza, Palestina hingga menjadi 75 juta euro.

Selain itu badan Uni Eropa itu akan bekerja sama dengan organisasi terkait PBB untuk menyalurkannya ke Gaza di tengah bombardir militer Israel (Israel Defense Forces/IDF) yang sedang `memburu` milisi Hamas.

"Kami bekerja keras untuk memastikan warga sipil yang tak bersalah di Gaza tetap diberi dukungan pada konteks ini," demikian pernyataan eksekutif Uni Eropa itu, Sabtu (14/10) seperti dikutip dari Reuters.

Meskipun demikian, Komisi Eropa tetap mendukung hak Israel dalam mempetahankan dirinya sendiri, "melawan teroris Hamas, dengan menghormati penuh hukum kemanusiaan internasional."

Sebelumnya diberitakan kantor bantuan kemanusiaan PBB (OCHA) pada Jumat (13/10) lalu memperkirakan utuh setidaknya US$294 juta untuk membantu lebih dari 1,3 juta populasi di Gaza, dan juga di Tepi Barat.

Saat ini diberitakan setelah bombardir IDF, suplai makanan hingga kebutuhan listrik dan air di Gaza dalam fase kritis. Kepala kantor bantuan kemanusiaan dari PBB Martin Griffiths dalam pernyataannya pada Sabtu lalu mengatakan situasi kemanusiaan di Gaza yang sudah kritis, kini "menjadi tidak dapat dipertahankan lagi."

Tindakan dan retorika dari milisi Hamas maupun tentara Israel dalam beberapa hari terakhir, katanya, "Membahayakan, dan tak dapat diterima.

Dia menekankan agar sipil dan infrastruktur sipil harus dilindungi dalam perang tersebut.

"Sepekan terakhir adalah sebuah tes bagi kemanusiaan. Dan, kemanusiaan sedang hancur," ujarnya.

Artikel Terkait