Nasional

Aksi Cepat Tanggap Koarmada II Bantu Evakuasi Peserta Jambore di Pulau Bawean

Oleh : luska - Selasa, 17/10/2023 15:03 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Koarmada II membantu proses evakuasi medis siswi peserta Jambore Kwartir Cabang Gresik atas nama Adinda Putri Syaharani dari regu Seruni Kwarran Wringinanom Gresik, yang mengalami kecelakaan sehingga tidak sadarkan diri, di Pulau Bawean Desa Sukalela, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik. Pada Selasa (17/10). 

Adapun kronologis kejadian pada Senin (16/10) pukul 14.00 WIB siswi a.n. Adinda Putri Syaharani sedang melintas di jalan poros desa, tiba tiba angin kencang dan tenda acara terbalik menimpa korban di bagian kepala pelipis kanan atas. Korban mula-mula sadar, beberapa menit kemudian muntah dan langsung tidak sadarkan diri. Tim kesehatan dan panitia langsung membawa korban ke Rumah Sakit Umat Mas'ud Kecamatan Sangkapura Bawean, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Hingga saat ini Selasa (17/10) korban masih tak sadarkan diri.

Proses evakuasi dilaksanakan setelah mendapatkan informasi dari Pemda setempat dan panitia Jambore kepada Koarmada II mengenai permintaan Evakuasi Medis Udara (EMU). Melalui jajaran Koarmada II yakni Staf Operasi (Sops) Koarmada II bergerak cepat melaksakan koordinasi dengan Sopsal dan Puspenerbal untuk mengerahkan Pesawat Udara (Pesud) Cassa U-6215 dari Bandara Bawean menuju Bandara Juanda, untuk selanjutnya korban dibawa ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan Surabaya. 

Di tempat terpisah, Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla., langsung menginstruksikan jajarannya untuk aksi cepat tanggap, memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan kehadiran unsur maupun personel Koarmada II.

Artikel Terkait