Nasional

Suhajar Diantoro: Bakohumas Bertugas Menyempurnakan Penyampaian Informasi Sesuai Zaman dan Generasi

Oleh : Mancik - Senin, 23/10/2023 15:13 WIB

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro (Foto:Puspen Kemendagri)

INDONEWS.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mengatakan, Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) bertugas menyempurnakan penyampaian informasi pemerintahan secara maksimal sesuai zaman dan generasi saat ini.

Hal itu disampaikannya pada pembukaan acara Pengukuhan Pengurus Bakohumas Periode 2023-2028 dan Rapat Koordinasi Program Bakohumas 2024 yang dilakukan secara hybrid dari The Westin Jakarta, Senin (23/10/2023).

“Kita lihat penduduk Indonesia yang tinggal di muka bumi, Indonesia ini itu didominasi oleh milenial dan gen Z, gen Z-nya 27,94 persen atau 74 juta lebih dan generasi milenial 25 persen lebih atau 69 juta. Totalnya lebih dari separuh dari 270 juta penduduk Indonesia hari ini adalah generasi milenial dan generasi Z,” kata Suhajar mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Merespons fenomena tersebut, dirinya menjelaskan, konten yang dihadirkan harus disesuaikan untuk generasi sekarang seperti penggunaan media sosial Instagram, YouTube, dan Tiktok. Selain itu juga dengan menyertakan generasi Z dan generasi mileneal dalam setiap kebijakan.

“Pengelolaan informasi publik yang efektif kepada kelompok generasi milenial dan gen Z memerlukan pendekatan yang berbeda dan berfokus pada media digital dan sosial, agar kita sukses mengelola informasi pada kelompok generasi ini kita perlu belajar dari sosok orang-orang yang paham tentang ini,” terangnya.

Suhajar menambahkan, bekerja sebagai pegawai humas 10 atau 15 tahun yang lalu sangatlah tidak sama dengan sekarang. Oleh karena itu tidak bisa menggunakan cara-cara lama yang sudah ketinggalan zaman.

Saat ini informasi tidak lagi terpusat atau telah terdesentralisasi. Informasi kini dapat diproduksi, dibagikan, dan diakses oleh berbagai pihak dengan sumber yang beragam serta berperan dalam mempengaruhi dan mengelola informasi.

“Kita perlu menyadari bahwa humas pemerintah tidak dapat lagi berperan sebagai mata air tunggal sumber informasi, tetapi peran strategis yang perlu dimainkan pada saat ini adalah bagaimana kita dapat menjadi kanal-kanal penghubung, mengalirkan berbagai sumber mata air berita sesuai dengan debit yang dibutuhkan oleh tiap komunitas, yang memiliki beragam jenis individu dan jenis masyarakat,” jelasnya.

Di sisi lain, Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong menyampaikan, Bakohumas merupakan salah satu wadah kerja sama antarunit kerja bidang kehumasan.
Bakohumas utamanya berperan menjadi jembatan lintas badan publik, dalam mengoordinasikan alur pengelolaan komunikasi publik nasional.

Bakohumas tidak hanya berada di lingkup kementerian, tetapi juga di lingkup lembaga pemerintahan non-kementerian, lembaga penyiaran publik, lembaga non-struktural pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, perguruan tinggi negeri, serta badan usaha milik negara dan bada usaha milik daerah.

Bakohumas perlu merapatkan barisan dengan membangun komitmen yang kuat lintas badan publik agar komunikasi publik berjalan dalam orkestrasi yang harmonis.

“Dengan adanya SK pengurus Bakohumas, diharapkan kinerja Bakohumas akan semakin optimal ke depannya. Terutama dengan adanya dukungan dari rekan-rekan pengurus Bakohumas yang merupakan perwakilan dari badan publik di bidang kehumasan,” tandasnya.

Sebagai informasi, pengurus Bakohumas periode 2023-2028 tersebut turut dikukuhkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi. Pihaknya mengucapkan selamat atas pengukuhan tersebut dan Bakohumas diharapkan ke depan bisa menjadi wadah bagi para humas pemerintah untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dalam menjalankan fungsinya sebagai komunikator publik.*

Artikel Terkait