Nasional

Kunjungan Diplomasi Parlemen BKSAP DPR: Indonesia Negara mitra utama di kawasan Asia Tenggara

Oleh : luska - Senin, 20/11/2023 14:38 WIB

Astana, INDONEWS.ID - Delegasi Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI melakukan kunjungan Diplomasi Parlemen ke Kazakhstan yang didukung dan difasilitasi oleh KBRI Astana pada tanggal 16 s.d. 17 November 2023. Delegasi dipimpin oleh Wakil Ketua BKSAP, Bapak Gilang Dhielafararez dan beranggotakan Bapak Fadli Zon, Ketua BKSAP; Bapak Achmad Hafisz Tohir, Wakil Ketua BKSAP; dan Ibu Irine Yusiana Roba, Anggota BKSAP. 

Delegasi BKSAP yang didampingi oleh Dubes RI Astana, Dr. M. Fadjroel Rachman telah diterima oleh Ketua Komite Urusan Luar Negeri, Pertahanan dan Keamanan Majilis (DPR Kazakhstan), Ibu Aigul Kuspan beserta dengan empat anggota kelompok persahabatan Indonesia-Kazakhstan di gedung Majilis (DPR Kazakhstan). 

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan produktif, Bapak Dhielafararez mengapresiasi bahwa kedua negara memiliki kerja sama yang sangat baik selama 30 tahun hubungan diplomatik. Di sisi lain, Ibu Kuspan menggarisbawahi Indonesia sebagai mitra politik dan ekonomi utama Kazakhstan di Asia Tenggara. Beliau juga menilai kunjungan persahabatan Delegasi BKSAP  akan berkontribusi pada intensifikasi hubungan bilateral Indonesia dan Kazakhstan.

Kedua pihak sepakat untuk mendukung peningkatan kerja sama yang menguntungkan bagi kedua negara dalam kerja sama ekonomi untuk meningkatkan perdagangan, menarik investasi bersama, peningkatan pariwisata dan intensifikasi kontak business-to-business, selain juga urgensi mendorong gencatan senjata dan perdamaian terkait konflik Israel-Palestina. 

Secara khusus, Delegasi BKSAP mengusulkan agar Majilis (DPR Kazakhstan) dapat bergabung sebagai observer pada ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dan menjadi anggota Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (GOPAC).

Delegasi BKSAP dan Dubes RI Astana juga telah melakukan pertemuan dengan Deputi Menteri Luar Negeri Kazakhstan, Roman Vassillenko dimana telah disepakati pentingnya menjaga eratnya kerja sama antar parlemen melalui saling kunjungan secara reguler serta peningkatan kerja sama bilateral di bidang ekonomi, investasi, energi, mineral, dan pariwisata. Termasuk perlunya segera difinalisasi draft perjanjian kerja sama di bidang promosi dan investasi serta perjanjian di bidang penghindaran pajak berganda.

Dubes Fadjroel Rachman memberikan apresiasi dan berterima kasih atas kunjungan BKSAP DPR RI yang menunjukkan eratnya persahabatan bilateral dan kerjasama parlemen antara Indonesia dan Kazakhstan. “Saya percaya bahwa diplomasi parlemen merupakan bagian dari multitrack diplomacy yang esensial dalam memberikan dorongan penguatan bagi kerja sama bilateral kedua negara di berbagai bidang”, tegas Dubes Fadjroel Rachman.

 

TAGS : KBRI astana

Artikel Terkait