Nasional

Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak

Oleh : luska - Senin, 20/11/2023 15:58 WIB

Biak, INDONEWS.ID -  Jelang  akhir tahun 2023 ,  TNI Angkatan Laut menggelar “Bakti Sosial”  di Kabupaten Biak Numfor. Bhakti sosial ini  bertepatan dan dalam rangka mendukung "Sail Teluk Cendrawasih 2023". Bhakti Sosial kali ini digelar di KRI dr. Wahidin Sudiri Husodo (WSH)-991. Masyarakat nampak begitu antusias mendatangi  Kapal Perang Rumah Sakit Angkatan Laut yang sedang bersandar di  Pelabuhan Umum Biak Numfor ini   untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.  

Pelayanan kesehatan yang diberikan antara lain pengobatan umum, pengobatan gigi, operasi katarak , operasi major seperti hernia, khitan,  operasi bibir sumbing serta pelayanan Keluarga Berencana  seperti MOW (metode operasi wanita) dan MOP (metode operasi pria) , dan obsgyn (kandungan). Kegiatan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 20 Nopember  sampai dengan 21 Nopember 2023. 

Komandan Lantamal X Jaya Pura  Brigjen TNI Marinir Ludi Prasetiyo  ketika meninjau langsung kegiatan ini menjelaskan ,  "Bhakti Sosial TNI Angkatan Laut ditujukan untuk membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat serta Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang Tangguh 

“ Kegiatan ini berlanghsung selam dua hari,  diadakan juga penyuluhan  hukum dan bahaya Narkoba. Tak hanya  itu,   5000 (lima ribu) paket  sembako dibagikan  kepada Masyarakat Biak Numfor. . "Kegiatan Bakti Sosial TNI Angkatan Laut dilaksanakan dengan tema “TNI Angkatan Laut melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Sail Teluk Cendrawasih Tahun 2023 untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, “ tambah Danlantamal X Jaya Pura. 

Hadir dalam acara ini Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Ludy Prastyono,  Plt. Deputi Bidang KB dan kesehatan reproduksi sekaligus Deputi Bidang ADPIN BKKBN Sukaryo Teguh Santoso, dan Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal  Kementerian Investasi  Nurul Ichwan selaku Ketua Acara Puncak STC (Sail Teluk Cendrawasih)  Biak 2023 di KRI dr. Wahidin Sudiro Husodo (WSH)-991.

Kegiatan diawali dengan acara pembukaan, sambutan dan penyerahan simbolis paket bahan kontak kepada Masyarakat, acara dilanjutkan dengan peninjauan penyuluhan, pelayanan implan KB, MOW/MOP dan dapur sehat atasi stunting. 

Dinas Potensi Maritim TNI Angkatan Laut  (Dispotmaral) yang menjadi penanggung jawab kegiatan ini juga menggelar  Penyuluhan  Hukum dan Hahaya Narkoba. Tak hanya itu,  5000 (lima ribu) paket  sembako dibagikan  kepada Masyarakat Biak Numfor. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan penyuluhan dengan materi upaya percepatan penurunan stunting oleh Dwi Listyawardani dari  Direktorat Bina Penggerakan Lini Harapan.

Artikel Terkait