Nasional

PNM Resmikan `Ruang Pintar` di Tangsel Bantu Ringankan Beban Nasabah

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 23/11/2023 16:22 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) mendirikan Ruang Pintar ‘An Nafii’ di Jl. Jaro Cining RT.003 RW.001, Kelurahan Pondok Jagung, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan. Hal ini untuk membantu meringankan beban anak-anak nasabah PNM Mekaar dan masyarakat agar tetap bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

PIC TJSL PNM Cabang Tangerang dan Pendamping Ruang Pintar An Nafii, Muslim Mubaroq dalam keterangannya yang diterima Rabu, menyebutkan pendirian ruang pintar oleh PNM tersebut dilaksanakan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk memfasilitasi anak-anak dari nasabah PNM Mekaar dan masyarakat sekitar agar tetap bisa  belajar atau melaksanakan kegiatan belajar mengajar serta aktivitas lain seperti belajar ilmu agama termasuk ilmu Al qur’an.

“Pembangunan ruang pintar merupakan wujud kepedulian dan bentuk dukungan PNM dalam membantu mengurangi beban anggaran rumah tangga  Nasabah Mekaar khususnya terkait tingginya biaya Pendidikan di Indonesia,” katanya.

Peresmian Ruang Pintar ‘An Nafii’ itu sendiri dilaksanakan pada Kamis, 07 November 2023 lalu sekaligus dilakukan pendistribusian bantuan secara simbolis oleh Manager Regional Mekaar (MRM) Febri Dwiyani mewakili Pemimpin Cabang PNM Cabang Tangerang. 

Adapun fasilitas pendukung ruang pintar yang diberikan PNM tersebut meliputi laptop, fasilitas internet, meja belajar, rak buku, alat-alat tulis juga diserahkan Alquran, Iqra, fasilitas kebersihan dan paket gizi yang diberikan secara langsung kepada Anak-anak Nasabah PNM. 

Pada peresmian yang dihadiri tokoh masyarakat setempat itu Muslim Mubarok juga memperkenalkan apa itu PNM, ULaMM dan Mekaar. 

Diungkapkannya PNM adalah BUMN dibawah Kementerian BUMN yang kini menjadi anak usaha dari Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Yang membedakan antara PNM dengan Lembaga Keuangan lainnya adalah karena PNM selain memberikan modal dalam bentuk pembiayaan atau financial, PNM juga memberikan modal Intelektual berupa pengembangan kapasitas usaha bagi nasabah serta memberikan modal sosial berupa pembuatan kelompok dan sinergi lainnya. 

“Jadi PNM selain memberikan modal financial juga memberikan modal intelektual dan modal sosial. Pemberian modal intelektual diberikan dalam bentuk pelatihan maupun motivasi usaha. Dan biasanya pelatihan sekaligus sebagai ajang pemberian modal sosial, yakni nasabah disarankan agar tukar pengalaman dan saling bersinergi dengan nasabah lain,” ujarnya. 

Lebih lanjut diungkapkan Muslim, ruang pintar juga diharapkan berperan besar dalam melakukan pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan aksesibilitas informasi melalui pemanfaatan teknologi digital dan internet untuk anak-anak dari nasabah PNM dan warga Jalan Jaro Cining yang notabene dekat dengan Pusat Kota mandiri BSD.

Pemilik dan Pengelola Ruang Pintar An Nafii yang juga berfungsi sebagai Majelis Taklim Al Maftuh, Ustdz. Maftukhan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tiada terhingga atas kepercayaan dan kebaikan PNM yang telah memberikan bantuan kepada kobong yang ia pimpin. 

Sebagaimana diketahui kobong adalah sebutan untuk tempat mengaji atau belajar kitab agama secara  mandiri dan privat. 

Ia menambahkan kobongnya saat ini menjadi lebih lega, tidak bocor dan ditambah sejumlah fasilitas tambahan seperti wifi, Leptop serta sejumlah fasilitas pendukung belajar mengajar lainnya. 

“Saya tidak bisa berkata lebih banyak lagi selain hanya menyampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya atas kepercayaan yang diberikan dan hanya do’a yang bisa saya panjatkan semoga PNM makin maju, Nasabahnya semakin banyak dan berkah bagi umat dan bangsa,” ujarnya.

Artikel Terkait