Nasional

Rotasi dan Mutasi di TNI, TNI Laksda Julius Widjojono Jadi Staf Khusus KSAL dan Mayjen Widi Prasetijono Jadi Dankodiklat TNI AD

Oleh : luska - Selasa, 19/12/2023 17:23 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID -  Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali melakukan mutasi di lingkungan perwiranya tingginya, Mutasi tersebut merupakan mutasi kedua sejak Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI. 

Hal tersebut dengan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1470/XII/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI yang ditandatangani Panglima Agus tertanggal 18 Desember 2023. 

Berikut nama nama merekabyang termutasi diantara yaitu Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda Julius Widjojono termutasi menjadi Staf Khusus KSAL. 
Kursi Kapuspen TNI diisi oleh Brigjen R Nugraha Gumiliar yang sebelumnya menjabat Perwira Staf Ahli KSAD Bidang Keamanan dan Teror.

Lalu, posisi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Dankodiklat) TNI  Letjen Eko Margiyono digantikan oleh Laksdya Maman Firmansyah. Selanjutnya, Eko Margiyono menjadi Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Kemudian, Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro Mayjen Widi Prasetijono ditunjuk menjadi Dankodiklat TNI AD (Dankodiklatad). Jabatan Pangdam IV/Diponegoro akan diisi oleh Mayjen Tandyo Budi Revita yang sebelumnya menjabat Kabadiklat Kementerian Pertahanan.

Mayjen Bobby Rinal Makmun berganti posisi dari Komandan Secapa TNI AD (Dansecapaad) menjadi Pangdam XIV/Hasanuddin. Sedangkan Mayjen Totok Imam yang sebelumnya menjadi Pangdam XIV/Hasanuddin menjadi Direktur Pascasarjana Unhan

Posisi Dansecapaad  akan diisi oleh Brigjen Niko Fahrizal yang sebelumnya Kepala Staf Kodam V/Brawijaya. Sedangkan posisi Komandan Satuan Siber (Dansatsiber) TNI juga berganti dari Laksma Agus Rustandi ke Brigjen Ari Yulianto. Agus Rustandi akan menjadi Staf Khusus KSAL. Sementara itu, Ari Yulianto sebelumnya menjabat Asisten Operasi Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III.

Atas perpindahan tongkat komando tersebut pemimpin redaksi indonews.id Asri Hadi mengucapkan indonews.id mengucapkan selamat atas jabatan barunya kepada Laksda Julius Widjojono dan juga selamat kepada Mayjend TNI widi atas jabatan barunya yang dipromosikan jadi Dankodiklat TNI AD, 

" Selamat dan Sukses selalu," ucap Pemred Indonesia.id Asri Hadi.

Artikel Terkait