Nasional

Sharing Motivasi Awal Tahun 2024 Mengenal Artificial Intelligence: Tantangan dan Peluang di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan

Oleh : luska - Kamis, 11/01/2024 09:15 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Kapusdiklat Tekfunghan Dra. Endang Purwaningsih, M.Si. memberikan pembekalan awal tahun 2024 kepada seluruh anggotanya dengan menghadirkan “Motivator AI” Bapak Jumala Multazam, M.M., CM.NLP. bertempat di Aula Tentara Pelajar Lt. II, Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, JI. Salemba I No. 25 Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Kapusdiklat Tekfunghan menyampaikan bahwa kegiatan ini dipandang penting dan strategis dilaksanakan mengawali tahun 2024 ini, sebagai salah satu bentuk upaya memotivasi dan membangkitkan semangat belajar personel Pusdiklat Tekfunghan, terhadap hal-hal baru terkait perkembangan teknologi informasi terkini khususnya pemanfaatan Artificial Inteigence (AI) yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung pe;alsanaan tugas di bidang kediklatan. 
Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini pemanfaatan Artificial Inteigence (AI) sedang ramai menjadi topik hangat yang banyak diperbincangkan masyarakat dunia termasuk Indonesia, bahkan menjadi salah satu isu yang diangkat dalam debat Capres/Cawapres saat ini. AI adalah sejenis teknologi di bidang ilmu komputer yang memiliki kemampuan khusus untuk memecahkan masalah, yang kecerdasannya disebut-sebut mampu menyaingi kemampuan kognitif manusia, karena dianggap mampu membantu beragam pekerjaan manusia dari yang mudah sampai yang rumit sekalipun. Alasan inilah yang melatarbelakangi Kapusdiklat Tekfunghan mengundang motivator AI Bapak Jumala Multazam untuk memberikan pencerahan sekaligus memberikan motivasi bagi seluruh Anggota untuk mengetahui dan mempraktekkan/mengaplikasikan Artificial Intelligence pada perangkat komputer masing-masing peserta yang dapat menunjang pelaksanaan tugas, baik sebagai tenaga pendidik/Widyaiswara maupun sebagai penyelenggara kediklatan. 
AI merupakan teknologi informasi yang diketahui memiliki kemampuan khusus yang dapat memecahkan permasalahan secara efektif dan efisien. Dengan kecerdasannya disebut-sebut mampu menyaingi kemampuan kognitif manusia, teknologi AI nyatanya juga mampu membantu beragam pekerjaan manusia dari yang mudah sampai yang rumit sekalipun. Kehadiran teknologi ini mampu menopang berbagai bentuk pekerjaan manusia seperti pencarian informasi jauh lebih cepat, brainstorming ide, maupun membantu mencari referensi tugas akademik. Hal ini semakin menegaskan teknologi AI sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari.  Di sisi lain, AI juga dapat berperan dalam keseharian kita sebagai Asisten Virtual, Search Engine, Aplikasi Streaming Musik dan Film, Mobile Banking, Aplikasi Transportasi dan Belanja Online, dan masih banyak lagi kemudahan yang mampu membantu berbagai pekerjaan dalam keseharian perkantoran maupun kehidupan pribadi. Fakta menariknya, banyak aktivitas kehidupan kita sekarang yang ditunjang oleh penggunaan teknologi AI, baik saat bekerja, browsing, hingga berselancar di media sosial. Teknologi AI juga banyak mempengaruhi berbagai pilihan dan aktivitas kita di kehidupan sehari-hari.   

Melihat betapa pentingnya informasi ini, Kapusdiklat Tekfunghan juga mengharapkan agar seluruh personel Pusdiklat Tekfunghan memanfaatkan momentum sharing motivasi ini untuk aktif menggali lebih banyak informasi dan mempraktekkannya.  Selanjutnya, setelah kegiatan ini, seluruh personel diharapkan juga terus aktif memanfaatkan dan meng-exsplore lebih banyak lagi tools yang ada di AI untuk mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari,  membuat kebaruan dan inovasil dalam pelayanan kediklatan di Pusdiklat Tekfunghan. 
Dikemukakan juga oleh Kapusdiklat Tekfunghan bahwa peningkatan kompetensi di bidang teknologi informasi khususnya tentang AI ini sangat penting dilakukan oleh seluruh personel Pusdiklat Tekfunghan, untuk menjadikan Pusdiklat Tekfunghan sebagai lembaga Diklat terdepan dalam pemanfaatan  teknologi Informasi dalam mendukung transformasi digital dan peningkatan indeks SPBE di Kementerian Pertahanan. Hal ini beralasan karena seluruh kelas di Pusdiklat Tekfunghan telah dilengkapi fasilitas Smart Class lengkap dengan Learning Management System (LMS), dan berbagai aplikasi berbasis AI yang digunakan untuk mendukung pelayanan Diklat Teknis dan Fungsional pertahanan, seperti Diklat Cyber Defence, Big Data Analysis, Cyber Security, Desain Grafis, Latsar CPNS, berbagai Diklat Fungsional, dan lain-lain. 

Kegiatan ini juga membuktikan bahwa Pusdiklat Tekfunghan sebagai organisasi pembelajar dan personelnya juga pribadi-pribadi pembelajar yang adaptif terhadap perkembangan yang terjadi untuk memenuhi tututan organisasi. Karena itulah seluruh personel dituntut untuk terus bertumbuh, mengembangkan diri sebagai pribadi yang terbuka terhadap pengetahuan baru, bersedia menerima tantangan, dan selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi organisasi. Kegiatan ini juga sebagai salah satu kontribusi Pusdiklat Tekfunghan dalam membantu  Pegawai Kemhan untuk lebih produktif dan meringankan pekerjaan melalui efektifitas dan efisiensi berplatform digital dan secara umum mendorong penerapan e-office. Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya Pusdiklat Tekfunghan dalam memfasilitasi para ASN untuk memenuhi kewajiban mengembangkan kompetensi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara.

TAGS : Kemhan

Artikel Terkait