Nasional

Apa Itu "Greenflation" Seperti Ditanyakan Gibran kepada Prof Mahfud

Oleh : very - Senin, 22/01/2024 10:32 WIB

Debat keempat Cawapres di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu malam (21/1). (Foto: tangkapan layar)

Jakarta, INDONEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat kandidat Pilpres 2024 yang keempat di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu malam (21/1).

Debat diikuti oleh tiga cawapres yaitu Muhaimin Iskadar, Gibran Rakabuming Raka dan Prof Muhammad Mahfud MD.

Salah satu pertanyaan cukup menyita perhatian publik yaitu tentang inflasi hijau (greenflation). Pertanyaan itu dilontarkan oleh cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka kepada cawapres nomor urut 3, Prof Mahfud MD.

Pertanyaan itu disampaikan Gibran dalam sesi tanya jawab di sesi debat cawapres di Jakarta, Minggu (21/1).

"Bagaimana cara mengatasi greenflation?" tanya Gibran ke Mahfud.

Moderator kemudian memberi waktu lagi kepada Gibran untuk menjelaskan pertanyaannya. “Greenflation adalah inlasi hijau, sesederhana itu,” kata Gibran.

Apa yang dimaksud dengan greenflation?

Blog Kamus Cambridge mengartikan greenflation sebagai "kenaikan harga akibat peralihan ke ekonomi hijau".

Mengutip Ekonom Iklim dari Columbia Business School Gernot Warner yang mengutip pernyataan Direktur Executive European Central Bank Isabel Schnabel pada The New York Times, “greenflation” merujuk pada kenaikan harga dan krisis tenaga kerja yang terjadi seiring dengan transisi ramah lingkungan.

Kenaikan harga tersebut terjadi karena perusahaan mengeluarkan anggaran lebih untuk melakukan transisi energi mengingat biaya penggunaan energi hijau masih lebih mahal dibandingkan energi yang dihasilkan dari bahan fosil.

Tema dalam debat keempat tersebut mengambil tema tentang pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Debat dipandu oleh dua moderator perempuan yakni Jurnalis SCTV Retno Pinasti dan Jurnalis Metro TV Zilvia Iskandar.

Debat tersebut merupakan debat keempat untuk lima kali debat menuju pencoblosan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Ada tiga pasang capres-cawapres dalam pemilu 2024 mendatang yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. ***

 

Artikel Terkait