Opini

Menunggu Debat yang Bermartabat dan Bermanfaat

Oleh : rio apricianditho - Sabtu, 03/02/2024 12:24 WIB

Difinisi Debat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah:
Pembahasan atau pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling membreri alasan untuk mempertahankan pendapat masing masing..

Besok malam, Minggu 4 Pebruari 2024 akan dilaksanakan acara Debat ke 5 dan terakhir antar Calon Presiden Indonesia periode mendatang.
Acara Debat tersebut diharapkan dapat dilaksanakan dengan Bermartabat sehingga bermanfaat bagi rakyat Indonesia dalam memilih Presiden Baru Republik Indonesia.
Banyak orang  sangat kecewa melihat debat ke 3 antara Capres dan Debat ke 4 antar Cawapres.

Dalam debat ke 3, ada pertanyaan dari seorang Capres yang seolah olah mengadili Capres lainnya dengan pertanyaan yang menyerang kinerja Pribadi bahkan Kekayaan Pribadi Capres lainnya.
Pada Debat ke 4 antar Cawapres keadaannya lebih parah lagi, ada gimik gimik yang seolah olah membodohi Cawapres lain.
Kondisi ini lebih parah daripada acara Cerdas Cermat antar SMP atau antar SMA. Karena dalam Cerdas Cermat tidak ada hal yang.menyerang Pribadi lawannya.

Debat layaknya seperti seorang Calon Sarjana sedang mengikuti ujian Skripsi. Calon Sarjana mempresentasikan hasil penelitiannya, kemudian dosen penguji memberikan  pertanyaan atau pendapat nya sehingga terjadi perdebatan yang ilmiah, bermartabat dan tentunya bermanfaat untuk menambah ilmu bagi calon sarjana tersebut, bagi dosen penguji maupun bagi penonton yang menyaksikan sidang   skripsi tersebut. 

Ada suatu bahan diskusi yang layak di perdebatan Tak ada emosi, tak ada dendam, tak ada rasa syirik dan dengki. Tak ada pertanyaan atau jawaban yang menyerang Pribadi Suasananya berlangsung dengan penuh santun dan beretika. 

Debat Calon Presiden Tentunya harus lebih berbobot dan bermartabat   daripada  sidang skripsi, sidang thesis bahkan sidang Doktoral. Karena Debat ini diikuti oleh 6 orang putera terbaik bangsa Indonesia yang tentunya melalui seleksi yang ketat dari  partai partai pendukung nya. yang notabene Partai adalah Wakil dari seluruh rakyat Indonesia. 

Peran Moderator

Agar tercapai Debat yang Bermartabat dan bermanfaat, maka  Moderator memegang peranan penting. Moderator bukanlah hanya seorang pambawa acara yang tugas hanya melihat Batas waktu saja, namun Moderator harus diberikan Kekuasaan untuk menolak/membatalkan pertanyaan atau jawaban yang tidak relevan, bahkan menegur peserta yang dianggap tidak sopan dan tidak beretika. 
Atau dalam acara Debat tersebut diberikan pengawasan yang dapat membatasi pertanyaan maupun jawaban serta menegur tingkah laku dari peserta. 

Semoga acara Debat besok malam dapat berlangsung lebih beretika, lebih bermartabat sehingga bermanfaat dan dapat memberikan masukan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam rangka memilih Presiden Indonesia periode mendatang. 

Selamat menikmati Acara Debat Minggu Malam besok. 

(Drs Asri Hadi Ma. - Pemred Indonews. Id)

Artikel Terkait