Nasional

Tegas! FX Rudy Usulkan PDIP Harus Berani Jadi Oposisi

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 15/02/2024 17:09 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo mengusulkan agar partainya menjadi oposisi pemerintah jika pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD resmi dinyatakan kalah di Pilpres 2024.

Pria yang akrab disapa disapa Rudy itu berpendapat PDIP bisa mengimbangi pemerintah lewat lembaga legislatif. Apalagi PDIP meraih suara cukup besar di pileg kali ini.

"Saya pesan nanti kalau PDIP di Parlemen mendapatkan suara paling banyak, ya harus berani menjadi oposisi," kata Rudy, Kamis (15/2).

Menurut Rudy, PDIP sudah terbiasa mengambil posisi berseberangan dengan pemerintah. Ia menyinggung perjuangan PDIP di parlemen pada tahun 2004-2014 saat pemerintah dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Oposisi 10 tahun kan pernah dilakukan ketika Pak SBY jadi presiden kita oposisi," katanya.

Sebelumnya, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan hal senada. Ia menegaskan PDIP siap menjadi oposisi Pemerintah di periode mendatang.

Hal itu disampaikan Hasto menyusul hasil hitung cepat atau quick count yang mencatat keunggulan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

"Ketika PDI Perjuangan berada di luar pemerintahan tahun 2004 dan 2009, kami banyak diapresiasi karena peran serta meningkatkan kualitas demokrasi. Bahkan, tugas di luar pemerintahan, suatu tugas yang patriotik bagi pembelaan kepentingan rakyat itu sendiri," kata Hasto melalui keterangan tertulis.

Artikel Terkait