Gaya Hidup

Ini 5 Tips Merawat Water Heater Agar Awet

Oleh : very - Selasa, 20/02/2024 09:36 WIB

Water Heater. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemanas air adalah salah satu perangkat penting dalam rumah tangga modern, memberikan kenyamanan dalam penggunaan air hangat. Agar water heater berfungsi optimal dan tahan lama, diperlukan perawatan yang baik.

Seiring bertambahnya usia, water heater menjadi kurang efisien karena bagian-bagian pentingnya perlu diganti. Sedimen dapat menumpuk di dalam tangki dan menimbulkan masalah. Itulah mengapa menjaga pemeliharaan water heater itu penting, ini dapat membantu water heater Anda bertahan lebih lama dan bekerja lebih baik.

Berikut adalah 5 tips merawat water heater agar awet yang dapat Anda lakukan : 

  1. Kuras Tangki Water Heater Anda

Menguras water heater minimal setahun sekali bisa menghilangkan endapan berbahaya yang dapat mengurangi efisiensinya. Meskipun hal ini tidak sulit untuk dilakukan, selalu pastikan Anda mengikuti petunjuk pabriknya.

Menjalankan pengurasan water heater sekali setahun akan menghilangkan endapan berbahaya yang dapat mengurangi efisiensinya. Meskipun prosedur ini tidak rumit, pastikan untuk selalu mengikuti panduan pabrik.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau merasa ragu menguras water heater secara mandiri, sebaiknya cari bantuan dari profesional ketika perlu melakukan pemeliharaan water heater lainnya. Mereka tidak hanya akan melakukan pengurasan tangki, tetapi juga akan memeriksa water heater Anda untuk mendeteksi potensi masalah dan memastikan kinerjanya seoptimal mungkin.

  1. Perhatikan Tanda-tanda Kerusakan

Kebocoran pada water heater akan membuat uang Anda banyak terbuang karena energi yang terbuang sia-sia.

Selalu perhatikan tanda-tanda kerusakan atau kebocoran pada water heater dan perbaiki sesegera mungkin. Jika ada kebocoran atau suara aneh, segera periksa dan perbaiki. Tindakan cepat dapat mencegah kerusakan lebih lanjut dan memastikan kinerja water heater tetap optimal.

  1. Isolasi Tangki dan Pipa Water Heater Anda

Menjaga tangki dan pipa water heater Anda tetap terisolasi dapat membantu mencegah kehilangan panas, sehingga water heater Anda tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memanaskan air.

  1. Periksa dan Ganti Anode Rod

Anode rod adalah komponen penting dalam water heater yang melindungi tangki dari korosi. Secara berkala, periksa anode rod dan gantilah jika sudah terlalu aus. Tindakan ini akan memperpanjang umur water heater dan mencegah kerusakan struktural.

  1. Perhatikan Merk Water Heater yang Dipilih

Agar water heater Anda memiliki kualitas yang baik, hindari tergiur oleh produk dengan harga murah. Sebaiknya, dari awal pilihlah water heater yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan untuk memilih merek yang memiliki kualitas yang baik.

Setiap water heater memiliki metode perawatan dan penanganan yang berbeda, sesuai dengan fungsinya dan jenisnya, guna menjaga kondisi water heater tetap optimal.

Barang yang berkualitas dan bermerek terkenal tentu lebih menjamin mutu dan daya tahan. Seperti produk dari Ariston yang menghadirkan berbagai pilihan lengkap water heater berkualitas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ariston, sebagai spesialis global dalam water heater dan pemanas, menawarkan berbagai pilihan produk inovatif dan sadar energi kepada pengguna di seluruh dunia. Fokus utama Ariston adalah meningkatkan dan menyederhanakan kehidupan rumah dengan teknologi terbaru dan efisien.

Berasal dari Italia, setiap komponen water heater Ariston telah terjamin keamanan dan kehandalannya dengan kemampuan untuk dikonfigurasi sesuai kebutuhan setiap keluarga.

Melalui Aplikasi Ariston NET yang baru dikembangkan, kontrol produk Ariston dapat dilakukan hanya dengan suara melalui ponsel pintar. Dukungan teknis yang siaga 24 jam setiap hari juga menjadi bagian dari pengalaman pengguna Ariston.

Ariston terus berinovasi dengan membawa teknologi terkemuka dan terbaru dari Italia ke dalam water heater mereka. Produk-produk seperti Andris2 Lux memberikan pengalaman penggunaan yang mudah, operasional yang efisien, dan keamanan maksimal.

Keuntungan suhu air panas yang stabil dan fitur scalding prevention pada produk ini memberikan kenyamanan ekstra saat menggunakan water heater Ariston.

Disamping itu, keamanan pengguna juga menjadi prioritas Ariston, terbukti dengan penggunaan perangkat keamanan ELCB (Earth-Leakage Circuit Breaker) dan fitur 3D Safety System. Ariston tidak hanya menawarkan produk water heater yang andal, tetapi juga memberikan perlindungan maksimal dari kemungkinan kebocoran arus listrik atau malfungsi.

Dengan fokus pada efisiensi energi, Ariston tidak hanya menciptakan produk yang hemat listrik, tetapi juga menggunakan teknologi modern dan inovatif untuk memastikan keberlanjutan dan penghematan biaya listrik jangka panjang.

Secara keseluruhan, Ariston adalah merek yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan air hangat sekeluarga. Kualitas yang terjamin, kombinasi produk yang bervariasi, dan fokus pada efisiensi energi membuat Ariston menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan kamar mandi yang lebih nyaman dan efisien. ***

 

Artikel Terkait