Nasional

Peringatan HUT Ke-78 Pomal, Wakasal: Pomal tak Pernah Terlepas dari Tugas Pokok TNI AL

Oleh : rio apricianditho - Selasa, 20/02/2024 15:27 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) pimpin upacara peringatan Hari Jadi Ke-78 Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal). Menurutnya, sebagai bagian dari TNI Angkatan Laut tidak akan pernah terlepas dari tugas pokok TNI AL, yang juga bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peringatan ulangtahun ke-78 Pomal digelar di Mako Puspomal, Kelapa Gading, Jakarta Utara, ratusan personil Puspomal mengikuti upacara peringatan tersebut. Dan juga dihadiri beberapa mantan Danpuspomal dari masa ke masa.

Lebih lanjut Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma mengatakan, Indonesia baru saja melaksanakan pesta demokrasi, dimana TNI AL bersama Polri menjaga ketertiban dan kelancaran, semoga pelaksanaanya bisa membawa Indonesia bisa lebih maju. Sesuai dengan tema peringatan HUT Ke-78 Pomal, "Dengan Semangat Wijna Wira Widhayaka Polisi Militer Angkatan Laut Mendukung Tugas TNI AL guna Mewujudkan Indonesia Maju".

"Itulah yang kita harapkan, semoga Polisi Militer Angkatan Laut juga bisa berperan serta untuk menunjukan partisipasi aktifnya", paparnya.

Sebelumnya dikatakan, Polisi Militer AL mempunya tugas untuk menegakan disiplin, hukum, dan tata tertib di jajaran TNI AL. Sehingga diharapkan Korps Polisi Militer AL bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, tujuannya agar disiplin, tata tertib hukum di lingkungan TNI AL ada yang mengawasi.

Lalu menurutnya, hal itu diharapkan kita membutuhkan contoh dan tauladan yang sesuai dengan yang diharapkan. Karena itulah korps Polisi Militer akan selalu menegakan disiplin, menegakan hukum dan tata tertib sebagai penjuru hukum dan tata tertib di lingkungan TNI AL.

Perayaan Hari Jadi Pomal merupakan tradisi Korps dan senantiasa dimaknai sebagai momentum untuk introspeksi dan evaluasi, sekaligus momentum untuk menatap ke depan guna meraih pencapaian yang gemilang dalam mempersembahkan karya terbaik bagi bangsa dan negara.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi tentu mempengaruhi modus kejahatan baru yang begitu kompleks, karena itu Pomal sebagai institusi penegak hukum di lingkungan TNI AL selalu meng-update diri agar bisa menyelesaikan problem hukum yang kekinian dimana kejahatan saat ini tak hanya kejahatan konfensional tapi sudah masuk kejahatan di dunia maya.

Peringatan HUT Ke-78 Pomal diharapkan, Polisi Militer AL tak pernah meninggalkan jati dirinya sebagai penegak hukum yang kesatria dan bijaksana, serta sebagai bagian dari TNI AL yang berperan aktif dalam penegakan disiplin, tata tertib, dan hukum di lingkungan TNI AL. Pomal harus bisa menjadi contoh terbaik dari ketaatan terhadap hukum, menjadi model terbaik dari disiplin seorang prajurit.

Artikel Terkait