Nasional

Asistensi Provinsi Gorontalo, Kepala BSKDN Tekankan ASN Harus Berinovasi

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 20/02/2024 20:41 WIB

Gorontalo, INDONEWS.ID - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menekankan Aparatur Sipil Negara (ASN) harus berinovasi. Hal tersebut diungkapkannya saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo dalam rangka asistensi pemanfaatan strategi kebijakan berbasis inovasi semakin meningkat.

"Kita semua tahu bahwa inovasi saat ini adalah hal yang paling penting, untuk itu upaya peningkatan inovasi di suatu daerah harus terus diupayakan. Salah satu aktor inovasi adalah ASN. Kita support ASN kita untuk terus berinovasi dalam setiap aspek tugas dan tanggung jawabnya," ungkap Yusharto di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Gorontalo pada Senin, 19 Februari 2024.

Yusharto berharap, setiap ASN di Provinsi Gorontalo dapat memiliki pemahaman yang cukup dalam berinovasi. Hal ini baik inovasi yang bersifat internal untuk meningkatkan kinerja ASN, maupun yang bersifat eksternal seperti inovasi pelayanan publik untuk masyarakat. "ASN dapat melakukan analisa secara komprehensif terhadap isu-isu strategis pemerintahan dalam negeri yang kemudian dapat direkomendasikan kepada Pemprov Gorontalo untuk dikembangkan menjadi inovasi yang memiliki nilai kematangan yang kuat," jelas Yusharto.

Terkait pemanfaatan strategi kebijakan berbasis inovasi, Yusharto juga menyarankan agar Pemprov Gorontalo menerapkan konsep kolaborasi pentahelix untuk melahirkan inovasi yang lebih beragam. "Jadi kolaborasi yang dilakukan tidak hanya terbatas pada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) semata, tetapi juga melibatkan perguruan tinggi untuk menjaring isu strategis dan mengembangkan inovasi," tambahnya.

Sejalan dengan itu, Yusharto mengungkapkan, keberhasilan upaya peningkatan inovasi di Gorontalo sangat bergantung pada komitmen kepala daerah. Untuk itu, Yusharto berharap agar kepala daerah di Provinsi Gorontalo dapat mengawal setiap aspek di wilayahnya yang berpotensi menjadi cikal bakal inovasi.

"Kami yakin Gorontalo punya banyak potensi yang bisa dikembangkan menjadi inovasi, tinggal bagaimana kita mengawalnya agar jangan sampai luput dari perhatian Pemprov Gorontalo," pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, berdasarkan laporan inovasi daerah pada aplikasi Indeks Inovasi Daerah (IID), Provinsi Gorontalo mengalami stagnasi pelaporan baik pada aspek kuantitas maupun kualitas inovasi daerah pada tahun 2022 dan 2023. Sementara skor IID Provinsi Gorontalo pada tahun 2023 berjumlah 44,63 dengan predikat inovatif.

Artikel Terkait