Nasional

Hadapi Transformasi Kinerja Era Digital, Kabadiklat Kemhan Buka Workshop Pejabat Eselon IV Kemhan

Oleh : luska - Senin, 26/02/2024 19:01 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Plt Kabadiklat Kemhan Mayor Jenderal TNI Zainul Arifin, S.A.P., M.Sc. membuka Workshop Sistem Pertahanan Negara Eselon IV Kemhan TA. 2024 di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Salemba. 

Dalam sambutannya, Plt. Kabadiklat Kemhan mengemukakan bahwa Workshop ini mengangkat tema “TRANSFORMASI KINERJA DI ERA DIGITAL” . kegiatan ini dipandang sangat penting dan strategis dihadapkan tantangan saat ini, dimana pemerintah ingin mewujudkan Birokrasi Profesional Berkelas Dunia.  Karena Workshop yang dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 16 Februari s.d. 1 Maret 2024 ini, selain sebagai wahana silaturahmi dan komunikasi antar Pejabat Eselon IV Kemhan, juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan persamaan persepsi tentang tugas, fungsi, dan tanggung jawab organisasi satuan-satuan kerja yang ada di Kementerian Pertahanan. Selain itu, kegiatan workshop ini juga dimaksudkan untuk memperkuat sinergitas dan koordinasi antar pejabat Eselon IV dalam pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pertahanan dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk tujuan yang lebih besar yaitu sebuah sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) pada bidang pertahanan negara. 

Hal tersebut menjadi penekanan Plt Kabadiklat, mengingat Pejabat Eselon IV merupakan tulang punggung organisasi yang berperan penting dalam mewujudkan pertahanan negara yang tangguh. Dalam upaya meningkatkan pemahaman tentang tugas dan pekerjaan tersebut maka perlu diberikan pendidikan dalam rangka pengembangan kompetensi dalam menghadapi tantangan transformasi kinerja di era digital.  Untuk itu, dalam rangka mewujudkan kualitas kinerja para pejabat Eselon IV, perlu didukung oleh pemberian bekal kemampuan koordinasi serta komunikasi yang baik tentang perlunya kesamaan persepsi didalam penyelenggaraan Organisasi dan Tata kerja serta ketatalaksanaan kelembagaan pemerintahan di bidang pertahanan yang bersih transparan dan akuntabel. Oleh karena itulah, materi workshop ini sengaja didesain, tidak hanya memahami tentang berbagai kebijakan tentang pertahanan negara, tetapi juga diberikan materi tentang berbagai kebijakan terkait transformasi kinerja yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Pertahanan di era digital ini.

Selanjutnya, dihadapkan pada tantangan era digital saat ini, tugas dan tanggung jawab menjadi semakin kompleks dan penuh tantangan ditandai dengan adanya arus informasi beredar dangan sangat cepat dan mudah diakses. Hal ini menuntut bagi pejabat Eselon IV untuk mampu mencerna dan menganalisis informasi dengan cepat dan akurat, agar dapat mengambil keputusan yang tepat dan dapat memanfaatkanya dalam dunia kerja masing-masing. Dengan perkembangan situasi tersebut para Pejabat Eselon IV perlu senantiasa dapat mengikuti perkembangan teknologi dan mampu beradaptasi dengan cepat, agar dapat memanfaatkan tehnologi untuk menunjang peningkatan kualitas kinerja serta efektifitas organisasi.

Pelaksanaan Workshop ini diharapkan akan menjadi sarana efektif untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan pejabat sesuai jabatan pada levelnya, sekaligus juga dapat membantu mengembangkan keterampilan pemahaman organisasi lingkungan kerja, kepemimpinan, manajemen waktu, komunikasi dan kemampuan teknis lainnya yang diperlukan untuk melaksanakan tugas dengan lebih efesien. Melalui kegiatan ini para pejabat juga dapat belajar bagaimana membangun dan memelihara kerjasama tim yang efektif, meningkatkan keterlibatan tim dan kemampuan bekerja sama untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan. Dedikasi dan kinerja para pejabat Eselon IV Kementerian Partahanan sangatlah menentukan efektivitas dan efisiensi organisasi Kementerian Pertahanan. Kabadiklat Kemhan dalam sambutannya menyampaikan bahwa para Pejabat Eselon IV diharapkan mampu bekerjasama dan bersinergi untuk memaknai bahwa setiap program dan kegiatan dipastikan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. 

Turut hadir pada upacara pembukaan Workshop Sistem Pertahanan Negara Eselon IV tersebut, Karopeg Setjen Kemhan atau yang mewakili, Para Kapusdiklat Badiklat Kemhan, Tamu Undangan, dan para Peserta.


Kol Adm Agus Setyo Hartono (WI Madya Tekfunghan)

Artikel Terkait