Nasional

Anugerah Media Center 2024, Kementerian Kominfo Apresiasi Mitra Komunikasi Publik

Oleh : very - Selasa, 05/03/2024 14:02 WIB

Anugerah Media Center 2024. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan apresiasi kepada kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan para mitra yang telah bersama berkolaborasi membangun komunikasi publik melalui jaringan Kominfo Newsroom.

Apresiasi tersebut diberikan dengan gelaran bertajuk “Anugerah Media Center (AMC) 2024” pada Selasa 5 Maret 2024, Pukul 18.00 WIB di Trans Convention Center, Kota Bandung, Jawa Barat.

“AMC menjadi bentuk apresiasi kepada daerah maupun pihak yang telah bersama-sama membangun komunikasi publik melalui informasi yang dikemas dalam pemberitaan atau konten informasi yang mencerahkan dan mendidik di seluruh pelosok tanah air,” ujar Direktur Jenderal IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong, Senin (4/3/2024).

Pada malam AMC 2024 nanti sekaligus akan diluncurkan secara resmi Kominfo Newsroom oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria. Acara juga akan dihadiri oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri beserta kepala daerah provinsi, kabupaten/kota penerima penghargaan AMC 2024.

 

Kominfo Newsroom dan Mitra

Kominfo Newsroom yang dikelola oleh Direktorat Pengelolaan Media, Ditjen IKP, memiliki tujuh kanal yang terbagi dalam segmentasi media digital berupa portal berita, media audio visual, dan cetak. Ketujuh kanal tersebut adalah Portal Indonesia Indonesia.go.id, InfoPublik, GPR TV, Indonesia Baik, FMB9, Komunika, dan GPR News.

Kominfo Newsroom berperan memproduksi dan mendiseminasi informasi publik dengan visi dan misi memberikan kemudahan akses informasi yang aktual, akuntabel, dan tepercaya terkait program-program pemerintah baik kementerian lembaga pusat dan daerah.

Kominfo Newsroom menjadi salah satu upaya untuk memastikan akses informasi mudah diperoleh masyarakat hingga pelosok negeri.

Dalam memproduksi informasi dan konten, Kominfo Newsroom menjalin mitra dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan komunitas, yang disebut juga dengan Media Center.

“Sederhananya jaringan yang kami bangun ini ingin menggelorakan narasi-narasi positif melalui konten informasi yang akuntabel, untuk Indonesia yang lebih baik,” ujar Usman melalui siaran pers.

AMC 2024 menjadi acara tahunan yang digelar Kementerian Kominfo. Sedikit berbeda dengan gelaran tahun-tahun sebelumnya, di 2024 ini diselenggarakan juga bimbingan teknis bidang jurnalistik bertajuk “Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom” atau Jarkom. Secara serentak pada Selasa 5 Maret 2024 pagi akan digelar empat tema Jarkom, yaitu Jurnalisme Data, Mobile Journalism, Media Relations, dan Jurnalisme Pemerintah Ramah SEO.

”Ini menjadi momen baik karena bertepatan juga dengan penantian masyarakat Indonesia akan lahirnya pemimpin baru usai pemilihan umum 2024. Semoga masyarakat semakin tercerdaskan dengan konten-konten positif untuk menjaga Indonesia tetap dalam persatuan dan kesatuan,” ujar Usman Kansong. ***

Artikel Terkait