Opini

Buku Luar Biasa Seorang pejuang kemerdekaan R Soewardjo Tirtosoepono

Oleh : luska - Minggu, 17/03/2024 04:30 WIB

Penulis: Linda Djalil

Buku yg luar biasa. Seorang pejuang kemerdekaan yg bertumpuk pengalamannya, termasuk menjadi guru dari pemuda Sudirman yg akhirnya bernama Jenderal Sudirman, hingga macam2 kegigihannya dalam perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia, tertera pada kisah di buku ini. 

Tak banyak diketahui tentang R SoewardjoTirtosoepono selama puluhan tahun, kalau tidak salah seorang cucunya yg berprofesi sebagai wartawan, Miranti Hirschmann  melakukan riset beberapa tahun, membuka cerita langkah eyangnya yg selama ini telah dilakukannya dengan gigih dan perkasa tanpa banyak yg mengetahuinya.  

Ia berani menerima pemecatan  dari Akademi Militer di Belanda untuk mempertahankan prinsip Jawa dan Indonesia harus merdeka. Dan rentetan perjuangan yg lain.

Miranti wartawan TVOne yg menetap di Nurnberg Jerman khusus mondar mandir Jerman Belanda untuk membongkar arsip yg menyebutkan nama eyangnya yg punya peran besar namun  masih tetap `tersembunyi` bagi sejarah Indonesia.

Buku ini menjadi kelengkapan yg sungguh bermakna dan kebanggaan bagi keluarga dan bagi Indonesia  untuk mengungkap siapa sesungguhnya R SoewardjoTirtosoepono yg sangat berjiwa republik sampai akhir hayatnya. 

Tutur tulis, susunan alur narasi yg padat, pengumpulan data yg akurat, lancar dan mengalir deras membuktikan bahwa Miranti betul2 seorang wartawan kawakan.

Semoga buku ini dapat dikonsumsikan kepada khalayak. Saya sendiri sudah tiga kali mengulang baca. Tentu karena buku ini  menarik dan membuat saya terkesima membaca dari halaman awal hingga akhir halaman 251. 

Artikel Terkait