Bisnis

PTPN IV PalmCo Gelar Pelatihan dan Bimbingan Teknis Peremajaan Sawit Rakyat di Provinsi Jambi dan Sumbar

Oleh : very - Rabu, 20/03/2024 11:54 WIB

Gubernur Jambi Dr Al Haris diapit Direktur Jenderal Perkebunan Andi Nur Alamsyah, Direktur Produksi dan Pengembangan Holding PTPN III (Persero) Mahmudi, Direktur Utama PTPN IV PalmCo Jatmiko Santosa serta Ketua DPP Aspekpir Setyono mengabadikan momen bersama usai kegiatan Bimtek bersama ratusan petani Jambi dan Sumbar dalam upaya percepatan PSR, Rabu (6/3/2024). (Humas PTPN IC)

Pekanbaru, INDONEWS.IDSub Holding Perkebunan PTPN III (Persero), PTPN IV PalmCo berkolaborasi dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Inti Rakyat (Aspekpir) menggelar pelatihan dan bimbingan teknis pola kemitraan untuk petani sawit dari Provinsi Jambi dan Sumatera Barat. Sebanyak 235 petani ikut dalam pelatihan tersebut.

Program bimbingan teknis peremajaan sawit rakyat (PSR) pola kemitraan tersebut mengangkat tema “Pemberdayaan Petani Melalui Peremajaan Sawit Rakyat Kolaborasi dan Berkelanjutan”. Acara berlangsung di BW Luxury Hotel, di Jambi, Rabu (6/3).

Program tersebut merupakan bagian dalam mendukungn PSR yang merupakan salah satu program strategis nasional (PSN).

Direktur Produksi dan Pengembangan Holding PTPN III (Persero) Mahmudi, yang hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa PTPN mendukung pertumbuhan perkebunan Indonesia melalui program strategis nasional dengan menaikkan target produksi Crude Palm Oil (CPO) dan minyak goreng.

Ia menyebutkan bahwa 120 ribu petani dan keluarga akan terbantu dari program penanaman kembali (replanting plasma).

PTPN menegaskan bahwa fokus mereka tidak hanya pada mencari keuntungan, melainkan juga menjadi agen pembangunan yang mengakselerasi peremajaan sawit rakyat.

‘’Program PSR merupakan salah satu amanah Program Strategis Nasional yang harus diwujudkan dengan kolaborasi antara pemerintah, perusahaan, dan petani sawit. Pembentukan PTPN IV PalmCo Desember tahun lalu akan berperan mengakselerasi PSR,’’ tukas Mahmudi seperti dilansir riaupos.co/.

 

Apresiasi Gubernur Jambi

Gubernur Jambi Dr Al Haris, mengapresiasi program yang diinisiasi langsung oleh Direktur Utama PTPN IV PalmCo Jatmiko Santosa serta Aspekpir itu.

Ia menyatakan Pemerintah Provinsi Jambi mendukung penuh program yang sebelumnya juga sukses dilaksanakan di Provinsi Riau dan saat ini juga berlangsung di Kalimantan tersebut.

“Pemerintah Provinsi Jambi mendukung penuh dan bangga menjadi salah satu provinsi yang mendapat perhatian dari PTPN IV dalam mengakselerasi PSR melalui pola kemitraan. Program ini akan sangat bermanfaat bagi petani, terutama dalam menambah wawasan dalam melaksanakan praktik perkebunan berkelanjutan,’’ kata Al Haris.

Al Haris juga berharap, PTPN IV Regional 4 Jambi juga dapat kembali menjalin kemitraan dengan beberapa KUD yang sebelumnya merupakan binaan Perusahaan. “Dari 22 KUD, 8 masih bekerja sama. Harapannya untuk KUD yang lain bisa kembali dijalin kemitraan dengan PTPN,” ujar Al Haris.

Al Haris menjelaskan bahwa potensi PSR di Jambi cukup besar. Ia mengatakan bahwa secara keseluruhan Provinsi yang berbatasan dengan Riau dan Sumatera Barat tersebut memiliki luas perkebunan sawit mencapai 1,2 juta hektare.

Namun, ia mengakui petani sawit memili keterbatasan dan ketidakseragaman dalam melaksanakan praktik perkebunan berkelanjutan. “Provinsi Jambi memiliki 1,2 juta lahan sawit dengan jumlah petani yang menyebar dimana-mana. Tetapi dengan pemahaman yang berbeda, ada yang lebih paham, kurang paham bahkan tidak paham,” ujarnya.

Karena itu, dengan program Bimtek ini, petani sawit diharapkan dapat meningkatkan kemampuan serta pemahaman, mulai dari pemilihan bibit sawit yang unggul, pemanfaatan lahan dan penggunaan pupuk agar lebih produktif, serta perawatan yang ramah lingkungan.

“Kita berharap dengan pola ini kualitas dan produksi bisa meningkatkan hasil produksi dan penerimaan daerah semakin baik,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PTPN IV PalmCo Jatmiko Santosa menjelaskan bahwa perusahaan di bawah naungan Holding Perkebunan Nusantara (Persero) itu mendapat amanah untuk merevitalisasi 15.000 hektare perkebunan sawit renta di Jambi hingga 2026 mendatang.

Ia menjelaskan jika kegiatan ini merupakan langkah awal yang tepat untuk mewujudkan amanah tersebut.

“Hadirnya Direktorat Jenderal Perkebunan dan Gubernur dalam Bimtek ini menunjukkan dukungan penuh percepatan PSR khususnya di Jambi. Makanya kita memanfaatkan dengan sangat baik bimtek ini sehingga kita bisa sama-sama mensukseskan PSR,” jelas Jatmiko.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Andi Nur Alamsyah, Direktur Utama PTPN IV Jatmiko Santosa, serta Ketua Umum DPP Aspekpir Setyono. ***

Artikel Terkait