Gaya Hidup

Sentul City Kawasan Hunian Alam Pegunungan, Dikelola secara Profesional

Oleh : rio apricianditho - Kamis, 21/03/2024 21:48 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Memiliki hunian adalah keinginan semua orang, apapun statusnya rumah adalah kebutuhan dasar. Meski kebutuhan pokok dalam mencari hunian yang nyaman, aman dan dikelola secara profesional bukan persoalan mudah. Ibarat memilih pasangan hidup, memilih hunian pun kita harus mengenal pengembang dan pengelola kawasan hunian kita.

Masyarakat yang tinggal di wilayah megapolitan segala sesuatunya butuh gerak cepat meski bukan lomba tapi kita dituntut untuk `bergerak` leluasa. Kehidupan di kota besar memang serba ada, bahkan untuk hunian pun ada banyak pilihan tersedia. Tapi jangan mudah tergiur dengan rayuan iklan hunian, pastikan sesuai tidak dengan kenyataannya.

Ada kawasan hunian dekat dengan pusat pemerintahan tapi akses menuju ke sana hanya melalui jalan utama, atau kawasan hunian dekat pantai namun sering kali dilanda banjir rob bahkan hujan turun sehari epenuh kasawan hunian berubah menjadi telaga.

Karena itu, tak heran bila masyarakat kota besar kala `weekend` menjauh dari `sumpeknya lingkungan kota besar, kawasan pegunungan lah yang mereka tuju. Di sana udara masih segar, jauh dari kebisingan kota besar, lingkungannya pun asri membuat kita ingin berlama-lama di sana.

Sebetulnya ada kawasan hunian yang lingkunganya asri, udaranya segar lagi aman dan memang berada di dataran tinggi nan jauh dari banjir. Sentul City kawasan hunian yang menawarkan apa yang dibutuhkan masyarakat megapolitan. Tinggal di kawasan hijau, udara sejuk, aman dan dikelola secara profesional. Penghuni kawasan Sentul City tak perlu menunggu weekend untuk menikmati udara pegunungan, karena setiap hari mereka menikmati itu.

Sentul City merupakan sebuah kawasan "kota di dataran tinggi" seluas 3.000 hektare yang berada di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, di sebelah timur Kota Bogor dikembangkan oleh PT Sentul City Tbk.

Sentul City yaitu Desa Karang Tengah sebelum tahun 1999 adalah bagian dari Kecamatan Jonggol. Kawasan ini, dibangun sebagai tempat hunian sekaligus pariwisata, berada di ketinggian 175-300 meter di atas permukaan laut. 

Kawasan ini mulai dibangun sejak Januari 1994, baik perumahan dan infrastruktur Sentul City mulai dikerjakan di tahun tersebut. Tiga tahun kemudian atau tahun 1997, akses menuju ke Sentul City ditambah yaitu gerbang tol Sentul Selatan yang langsung menuju kawasan. Selain itu, Sentul City juga dirancang sebagai gerbang barat menuju Kota Mandiri Jonggol. Selain kawasan Transyogi, Cibubur sebagai gerbang utara Jonggol.

Adapun kawasan Sentul City dibangun dengan sistem klaster dan memiliki ciri khas sesuai dengan tema klaster masing-masing, seperti Taman Yunani, England Park, Bali Hill, dan lainnya. Sebagai kawasan yang dikembangkan dengan konsep one-stop-living, Sentul City memiliki fasilitas publik yang lengkap seperti Bellanova Country Mall, Sarana pendidikan seperti Sekolah Pelita Harapan, tempat wisata Sentul Wonderland Outbound Kids, dan beberapa fasilitas umum wajib lainnya.

PT. Sentragriya Kharisma kini berganti nama menjadi PT Sentul City Tbk yang menjadi developer dari kawasan ini. Dan reputasi perusahaan ini tak main-main, mereka telah meraih banyak penghargaan pengembang profesional, seperti dari Indonesia Property & Bank Award 2014 sebagai Developer terbaik pada tahun 2014.

Sementara Direktur Marketing PT Sentul City Tbk mengatakan dalam keterangan tertulisnya, bahwa untuk dapat disebut sebagai sebuah kota mandiri, kawasan pemukiman setidaknya harus memiliki area pemukiman yang luas, dimana di dalamnya terdapat beragam fasilitas lengkap. Fasilitas yang ia maksud yaitu sarana pendidikan, fasilitas bisnis dan perdagangan, fasilitas kesehatan, hingga fasilitas pelengkap seperti pusat perbelanjaan dan rekreasi.

Fasilitas lengkap dan terkini, perencanaan kota yang matang dan komitmen yang kokoh, kata dia, Sentul City bukan hanya menjadi kota impian, melainkan kenyataan yang memperkaya pembangunan Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

Pola hidup yang berkualitas tinggi, berkesinambungan dan hijau merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rencana pembangunan Sentul City. Guna menjadi pionir Global Green City yang mewujudkan desain perkotaan yang ramah air, meskipun ada rencana untuk pertumbuhan yang tinggi dan perluasan, manajemen Sentul City ingin mempertahankan ruang terbuka hijau sebanyak 60 persen, termasuk ruang terbuka biru.

Visi Sentul City adalah untuk menjadi kota yang hijau, ramah lingkungan dan berkelanjutan. Secara khusus, kota yang berkelanjutan ini akan berfokus pada tiga aspek, Agropolitan, Technopolis, dan Aquapolitan.

Pengelola Kawasan 

Kawasan hunian yang dirancang sedemikian rupa untuk kehidupan berkesinambungan, tentu butuh manajemen nan apik, maka dipilihlah  PT. Sukaputra Graha Cemerlang (PT. SGC) adalah pihak yang ditunjuk oleh PT. Sentul City Tbk untuk melakukan pengelolaan lingkungan di seluruh kawasan Sentul City, sehingga bisa memberikan manfaat bagi warga dan konsumen Sentul City pada khususnya dan penduduk sekitar serta komponen masyarakat pada umumnya.

Pengelolaan yang dilakukan oleh PT. Sukputra Graha Cemerlang mencakup seluruh aspek pemeliharaan lingkungan yang antara lain pemeliharaan seluruh jaringan infrastruktur:  jalan, saluran, penerangan jalan umum, retaining wall, jaringan pipa air bersih, jaringan pipa air kotor, satuan keamanan (security), kebersihan jalan, perawatan taman, pengangkutan sampah rumah tangga dan pelayanan lainnya.

Siapapun berkeinginan tinggal di kawasan yang nyaman, aman dan ditangani secara profesional, apalagi lingkungan hunian kita asri dan menyehatkan. Hal itu merupakan salah faktor untuk memilih kawasan hunian, sebagai tempat tinggal guna melepas rasa penat usai bekerja. 

Segala fasilitas yang telah dibangun Sentu city dikelola secara pofesional oleh PT Sukaputra Graha Cemerlang, mereka mengurusi segala fasilitas termasuk jaringan infrastruktur kawasan. Bahkan jaringan air kotor pun mereka tangani, penghuni tak perlu mengkwatirkan limbah rumahtangga karena semua sudah ditangani secara professional.

Kehadiran PT. Sukputra Graha Cemerlang mampu mengubah Sentul City menjadi kawasan hunian yang sejuk, aman, nyaman, dan sehat. Kinerja PT. Sukputra Graha Cemerlang memberikan solusi terbaik bagi penghuni Sentul City yang ingin mewujudkan mimpinya memiliki rumah keluarga idaman di masa depan.

Artikel Terkait