Nasional

Temui Mendagri Tito, Dubes Jepang Apresiasi Suksesnya Pilpres

Oleh : very - Jum'at, 22/03/2024 13:26 WIB

Mendagri Tito Karnavian bersama Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi berkunjung ke Kementerian Dalam Negeri di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta pada Rabu (20/3).

Kedatangannya disambut oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian yang didampingi oleh Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro, Staf Khusus Mendagri bidang Politik dan Media, Kastorius Sinaga, Staf Khusus Mendagri bidang Politik dan Jaringan, Apep Fajar Kurniawan, dan Plh Kapusfasker Kemendagri, Ahmad Fajri.

Pertemuan Dubes dan Mendagri berlangsung selama satu jam di ruang kerja menteri. Dubes Jepang yang baru bertugas tiga bulan di Indonesia, memanfaatkan kunjungan kehormatan (courtesy visit) ini menyampaikan selamat atas pelaksanaan Pemilu di Indonesia.

"Saya mengucapkan selamat atas sukses pemilu yang berlangsung lancar dan aman," kata Masaki Yasushi kepada Mendagri seperti dikutip dari siaran pers Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media.

"Mempertimbangkan kenyataan luas wilayah Indonesia dan jumlah pemilih yang besar, saya sangat impresif atas perhelatan Pemilu (pilpres) yang baru berlalu,  saya melihat antusiasme yang tinggi masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam Pemilu," kata Dubes Masaki yang sebelumnya bertugas sebagai Dubes Jepang untuk Uni Eropa di Brussels.

Masaki yang didampingi oleh Direktur Bagian Politik Kedubes Jepang di Indonesia, Tanaka Moyotasu, mengatakan dunia bisnis Jepang menyambut positif sukses pemilu di Indonesia karena berlangsung aman dan adanya jaminan kesinambungan program Presiden Jokowi. Hal ini, kata dia, memberi iklim dan citra positif Indonesia kepada dunia usaha dan investasi.

Menyambut pernyataan apresiatif Dubes, Mendagri Tito menyampaikan terima kasih. Tito menyebut bahwa Pemilu Indonesia adalah salah satu yang terbesar di dunia bila diukur dari jumlah pemilih yang mencapai sekitar 208 juta.

Selain itu, ia menambahkan,  Pilpres Februari lalu terlaksana dalam waktu pencoblosan hanya  satu hari secara serentak dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi.

Mendagri menyebut bahwa approval rate atau tingkat kepuasan masyarakat Indonesia terhadap Presiden Jokowi yang mencapai 84%, juga salah satu yang tertinggi di dunia.

Hal itu, jelas Tito, tidak terlepas dari gaya kepemimpinan Presiden Jokowi yang membumi (down to earth), antara lain selalu mengunjungi langsung masyarakat, seperti petani, nelayan, hingga pedagang di pasar.

Ini, lanjut Mendagri, membuat masyarakat menyukai Presiden Jokowi, yang selanjutnya menjadi salah satu faktor pendukung berjalannya Pemilu dengan sukses dan terciptanya situasi keamanan yang kondusif di Indonesia.

Dubes Masaki yang menyimak keterangan Mendagri dengan antusias, selanjutnya menggunakan kesempatan pertemuan mengungkapkan terima kasih  kepada Mendagri atas dukungannya terhadap pemulangan kerangka jenazah prajurit Jepang yang masih berada di Biak yang merupakan program Pemerintah Jepang.

Di bagian lain pembicaraan,  Dubes Jepang meminta dukungan Mendagri Tito meningkatkan pengiriman tenaga kerja terlatih dari Indonesia ke Jepang di sektor industri manufaktur dan sektor perikanan yang masih sangat dibutuhkan.

Menanggapi hal itu Mendagri Tito mengapresiasi Jepang yang terus menerima tenaga kerja Indonesia, dengan jumlah yang relatif meningkat dari tahun ke tahun. ***

Artikel Terkait