Nasional

Dorong Ekonomi Masyarakat Jelang Lebaran, PalmCo Gelar Mudik Gratis dan Pasar Murah

Oleh : karim - Selasa, 26/03/2024 11:55 WIB

Direktur Hubungan Kelembagaan PalmCo Irwan Perangin-angin.

INDONEWS.ID - Sub Holding Perkebunan Nusantara, PT Perkebunan Nusantara IV/PTPN IV PalmCo akan menggelar Mudik Gratis dan Pasar Murah kepada masyarakat di sekitar perkebunan. Kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh perkebunan negara tersebut dilakukan guna mendorong ekonomi masyarakat jelang Idul Fitri 1445H. Demikian disampaikan oleh Direktur Hubungan Kelembagaan PTPN IV PalmCo Irwan Perangin-angin, di Agro Plaza Jakarta (25/03).

“Mendukung program pemerintah dalam menstimulus ekonomi masyarakat jelang lebaran, kami laksanakan Mudik Gratis dan Pasar Murah BUMN,” buka Irwan.

Ia menyebutkan terdapat tujuh kota di Sumatera yang akan menjadi tujuan dari Mudik Gratis. Sedangkan untuk Pasar Murah yang menjadi bagian dari Program Safari Ramadhan Kementerian BUMN, dilaksanakan di lima Regional PalmCo.

Disampaikannya, terdapat tujuh kota yang akan dilayani mudik gratis oleh PalmCo. Tujuh kota tersebut adalah dari Medan ke Labuhan Batu, Medan ke Pekanbaru, Medan ke Panyabungan, dan Medan ke Padang. Kemudian ada Pekanbaru sebagai kota asal dengan tujuan ke Medan, Pekanbaru-Padang juga Pekanbaru-Mandailing Natal. Terakhir, dari Kota Jambi dengan tujuan Padang serta Jambi tujuan Medan. Mudik gratis akan serentak dilaksanakan pada tanggal 5 April 2024.

“Kita sudah menyiapkan puluhan bus untuk warga dan seluruhnya gratis! Silakan mendaftar karena kuota memang terbatas,” tambahnya seraya menyebutkan pendaftaran paling lambat berakhir di 30 Maret 2024 atau saat kuota 500an pemudik terpenuhi.

Lebih lanjut Irwan mengatakan bahwa disamping menyediakan bus gratis yang memobilisasi pemudik, masing-masing Regional PalmCo yang ada di Provinsi Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Barat dan di Pulau Kalimantan juga akan mendistribusikan lima ribu paket sembako berupa beras, minyak dan gula.

“Masing-masing Regional ada 1.000 paket. Serentak nanti insya Allah hari Rabu 3 April,” ujar Irwan.

Perusahaan mempersiapkan 5 kg beras, 1 kg gula dan 1 liter minyak goreng yang mendapat subsidi 50 persen. Sehingga harga jual paket sembako Pasar Murah Safari BUMN kepada masyarakat adalah Rp 75 ribu per paket.

Terakhir tidak berhenti di Mudik Gratis dan Pasar Murah, Perusahaan Sawit yang mengelola lahan terluas di dunia itu juga membuka bazar UMKM dari mitra binaan yang ada di Medan.

“Harapannya semua aktivitas ini dapat membantu serta menjadi rangsangan dalam perekonomian masyarakat,” imbuh Irwan.

Sementara itu, Region Head Regional 4, Ospin Sembiring menyebutkan bahwa
Mudik Gratis dan Pasar Murah Safari Ramadhan menjadi even rutin Perusahaan dibawah arahan Kementerian BUMN RI.

“Khusus warga Jambi, PTPN IV Regional 4 akan memberangkatkan 80 pemudik dengan tujuan Padang dan Kota Medan. Sedangkan untuk pasar murah sendiri akan dilaksanakan di Region Office 4 Jalan Lingkar Barat Paal X Kota Baru Jambi dan Kantor Kelurahan Handil Jaya Jambi,” kata Ospin

Ospin berkeyakinan animo masyarakat akan tinggi seperti tahun-tahun sebelumnya.
“Informasi pendaftaran dapat diakses pada laman Instagram resmi Regional di @ptperkebunannusantara6 Untuk itu mari manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” tutup Ospin Sembiring.

Artikel Terkait