Gaya Hidup

Berpuasa di Tengah Cuaca Ekstrem, Ini Tips dari Roojai dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Oleh : very - Rabu, 27/03/2024 18:10 WIB

Tips menjaga kesehatan tubuh. (Foto: Ilustrasi dari Roojai.co.id)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Memasuki minggu kedua Ramadan, Anda yang tengah menjalankan ibadah puasa harus lebih ekstra menjaga kesehatan. Sebab, berpuasa di tengah kondisi cuaca ekstrem membuat banyak penyakit lebih mudah menyebar.

Seperti diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau cuaca ekstrem masih akan terus terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Jika sebelumnya terdapat fenomena Equinox atau hari tanpa bayangan, hujan sedang hingga lebat diiringi kilat/petir dan angin kencang terjadi di beberapa provinsi di Tanah Air.

Kondisi itu tentu dapat memperburuk beberapa masalah kesehatan yang sudah dimiliki, hingga menimbulkan komplikasi serius. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan di tengah kondisi cuaca ekstrem.

Roojai, penyedia asuransi online yang berizin resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memaparkan beberapa tips menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa di tengah kondisi cuaca ekstrem seperti saat ini. 

 

Cukup Beristirahat

Cara paling penting untuk menjaga kesehatan tubuh adalah, dengan cukup beristirahat.

Jangan paksakan diri beraktivitas melebihi batas wajar, berikan hak tubuh Anda untuk beristirahat agar stamina senantiasa terjaga.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, maka pastikan Anda beristirahat minimal 6 jam sehari. Karena itu, pastikan jatah tidur Anda cukup sebelum waktu sahur tiba!

 

Konsumsi Vitamin C dan Minum Air Putih yang Cukup

Rajin mengonsumsi vitamin C bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Jika tubuh tidak cukup memiliki kandungan vitamin C, maka akan rentan jatuh sakit.

Anda bisa memenuhi asupan per harinya dengan cukup mengonsumsi vitamin C dosis 500 mg. Selain itu, pastikan pula Anda memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan cukup minum air putih.

 

Tetap Berolahraga

Meski tengah berpuasa, pastikan Anda tetap olahraga sekitar 15-30 menit di setiap harinya. Tidak perlu yang berat-berat, melainkan lakukan saja olahraga ringan seperti berjalan-jalan santai atau meregangkan tubuh.

Selain melancarkan peredaran darah dan membantu pembakaran kalori, kedua aktivitas itu bisa membantu meningkatkan imun tubuh. 

 

Miliki Proteksi Kesehatan

Tak hanya menerapkan cara itu saja, ada hal lain yang tak kalah penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Yaitu, dengan memiliki asuransi kesehatan.

Pasalnya, asuransi kesehatan akan meringankan beban biaya pengobatan dan perawatan saat Anda jatuh sakit. Dengan asuransi kesehatan, maka perusahaan asuransi akan menanggung biaya rawat inap, atau saat harus menjalani pengobatan penyakit kritis.

Terutama jika keluarga Anda memiliki riwayat penyakit kritis, maka penting untuk memproteksi kesehatan dengan asuransi penyakit kritis. Salah satu produk proteksi ini penting dimiliki untuk menjaga keuangan dan keluarga tercinta.

 

Tentang Roojai

Roojai didirikan pada tahun 2016 di Thailand oleh para ahli di bidang asuransi dengan tujuan membuat bisnis asuransi yang memprioritaskan pelanggan. Hanya dalam beberapa tahun, perusahaan ini berhasil tumbuh menjadi salah satu asuransi online terkemuka di Thailand dan menjadi penyedia asuransi Thailand pertama yang melakukan ekspansi ke Indonesia.

Misi kami adalah merancang produk asuransi yang terjangkau, mudah digunakan, dan mudah dipahami dengan tetap mempertahankan kualitas layanan terbaik. Untuk informasi lebih lanjut dapat kunjungi roojai.co.id. ***

Artikel Terkait