Nasional

Jelang IMLF-2, Puluhan Buku Karya Anggota SatuPena Sumbar dan Penulis Luar Negeri Siap Diluncurkan

Oleh : luska - Rabu, 27/03/2024 13:36 WIB

Padang, INDONEWS.ID - Puluhan buku karya anggota SatuPena Sumatera Barat dan penulis Luar Negeri bakal diluncurkan pada peluncuran pada even International Minangkabau Literacy Festival (IMLF) kedua yang akan berlangsung 8-12 Mei 2024 mendatang. Peluncuran buku  tersebut berbarengan dengan pameran lukisan dan Foto oleh delegasi IMLF-2 yang berasal dari belasan negara.

Demikian diungkapkan sekretaris Satu Pena Sumbar Armaidi Tanjung sekaligus koordinator pameran buku IMLF-2 Rabu (27/3/2024)  dalam persiapan pelaksanaan IMLF di Padang. Menurut Armaidi Tanjung, peluncuran buku anggota SatuPena Sumbar dalam jumlah  banyak ini pertama kali diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan dari IMLF-2. 
“Sebagai organisasi sosial yang menghimpun para penulis-penulis, baik penulis pemula, yunior, senior maupun yang sudah berusia kepala tujuh, SatuPena terus memberi ruang untuk menumbuhkembangkan literasi menulis dan membaca. Pada IMLF pertama tahun lalu, kegiatan peluncuran buku diselenggarakan beberapa kali dengan buku satu buku/penulis,” kata Sastri Bakry yang juga Ketua DPD SatuPena Sumbar .

Koordinator Peluncuran Buku IMLF-2 Armaidi Tanjung menambahkan, sampai hari ini sudah terdaftar lebih 20 judul buku yang akan diluncurkan. Sebanyak 15 buku ditulis oleh anggota SatuPena Sumbar dan selebihnya   buku dari delegasi IMLF-2.  “Buku yang diluncurkan terbitan tahun 2023 dan 2024. Penulis dari buku tersebut mayoritas berprofesi sebagai guru. Ada juga pensiunan, wartawan, karyawan, bahkan masih ada yang berstatus pelajar, selain  penulis dan sastrawan senior” tambah Armaidi Tanjung 
Adapun buku yang sudah terdaftar masing-masing berjudul Bung Hatta dan Boven Digoel ( Sastri Bakry) Gus Dur Versus Orang Minang (Penulis Armaidi Tanjung), Menggugat Ibu, Kumpulan Surat Untuk Ibu (karya pemenang Lomba Menulis Surat untuk Ibu), Kumpulan Puisi Bahtera, Bunda & Bunga (Ramli Djafar), Gerbang Cahaya (Kumpulan Puisi Dilla, S.Pd.), Rangkaian Diksi Wujudkan Literasi Anak Negeri (Dilla, S.Pd), Kinantan Melintas Zaman, Sejarah Kebun Binatang Bukittinggi (Irwan Setiawan, S.Pd),  Matinya Dukun Guna-Guna (Meria Fitriwati, S.Pd), Menata Kepingan Hati    (Eka Teresia), Menapaki Jalan Terjal (Eka Teresia),  Pelangi di Ujung Senja (Eka Teresia), Lautan Kasih Bunda     (Afiqa Carissa), Cara Cerdas Meraih Shalat Khusyuk (Eli Delfita, S.Ag.) dan dari delegasi IMLF-2 Have I Got Something To Tell You (Malachi Edwin Vethamani). Jelajah Nusantara ( Pipiet Senja) , Bilingual Anthology ( Francisco Munoz Solar), 
Sampai batas pendaftaran peluncuran buku IMLF-2, diperkirakan masih bertambah. “Mudah-mudahan peluncuran buku ini berjalan lancar dan makin mendorong anggota SatuPena Sumbar untuk menulis buku yang lebih lagi,” kata Armaidi Tanjung menambahkan.

TAGS : Satupena

Artikel Terkait