Gaya Hidup

Tanda-Tanda Anda Harus Memiliki Asuransi Penyakit Kritis

Oleh : very - Rabu, 27/03/2024 15:15 WIB

Penyakit kritis. (Foto: Ilustrasi)

Jakarta, INDONEWS.ID - Asuransi penyakit kritis menjadi proteksi yang penting dimiliki, terutama untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit kritis atau kondisi medis yang serius. Sebab, produk ini memberi manfaat santunan untuk tertanggung yang mengidap sakit kritis dan menjalani perawatan.

Seperti diketahui, jika Anda mengidap penyakit kritis seperti jantung hingga kanker, maka ada banyak biaya yang harus dikeluarkan saat menjalani pengobatan. Dengan proteksi ini, maka mereka pengidap sakit kritis bisa memperoleh perlindungan finansial.

Jika Anda ingin memiliki proteksi satu ini, ada banyak pilihan asuransi penyakit kritis yang ditawarkan. Meski begitu, perusahaan asuransi memiliki sejumlah kebijakan tertentu terkait jenis-jenis penyakit yang ditanggung proteksi ini.

Sebelum mengetahuinya, sebaiknya Anda pahami dulu mengapa penting membeli produk perlindungan penyakit kritis.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Asuransi Penyakit Kritis

Seperti dipaparkan sebelumnya, asuransi penyakit kritis merupakan jenis proteksi yang menawarkan manfaat perlindungan finansial untuk tertanggung jika terdiagnosis penyakit kritis.

Dengan produk proteksi ini, maka perusahaan asuransi akan memberikan santunan jika nasabah harus menjalani perawatan akibat penyakit yang dideritanya. Meski begitu, ada beberapa klausal pengecualian yang tidak dicakup asuransi penyakit kritis.

Salah satu pengecualian tersebut survival period atau periode bertahan hidup. Periode survival ini diberikan 7 hari, 14 hari, hingga 30 hari.

Misalnya, jika survival periode yang dimiliki asuransi adalah 14 hari sejak tertanggung didiagnosa penyakit kritis. Lalu pada hari ketujuh tertanggung meninggal dunia, maka dia tidak bisa mengajukan klaim asuransi.

Dengan adanya klausal pengecualian tersebut, maka penting untuk Anda membaca dengan jelas polis asuransi yang dimiliki. 

Ciri-Ciri Harus Memiliki Asuransi Penyakit Kritis

Berikut ini merupakan tanda-tanda untuk Anda harus mulai memiliki asuransi penyakit kritis:

Riwayat penyakit turunan

Jenis proteksi ini penting dimiliki untuk Anda yang berisiko tinggi mengidap penyakit kritis, seperti memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kritis atau bergaya hidup tidak sehat.

Jika anggota keluarga Anda pernah mengidap jantung atau kanker, maka ada kemungkinan Anda ataun keturunannya terdiagnosis penyakit sama. Untuk itu, penting melakukan langkah pencegahan keuangan dengan memiliki asuransi penyakit kritis.

Terpapar risiko dari pekerjaan yang digeluti

Mereka yang bekerja dengan risiko terpapar penyakit kritis juga penting membeli asuransi penyakit kritis.

Salah satu contohnya, mereka yang bekerja di bidang konstruksi dan sering terpapar polusi udara atau debu, maka risiko terpapar penyakit paru-paru lebih tinggi. Selain itu, petugas keamanan yang sering stres dan jam istirahat tidak tepat lebih berisiko mengidap penyakit jantung.

Pencari nafkah utama

Seperti halnya produk proteksi jiwa, asuransi penyakit kritis tidak hanya memproteksi tertanggung saja, melainkan juga untuk anggota keluarga jika nasabah terdiagnosis sakit kritis.

Santunan yang diberikan akan menjadi sumber pemasukan alternatif untuk keluarga jika pencari nafkah utama atau kepala keluarga tidak dapat bekerja lantaran sakit.

Dengan begitu, dapat membantu keluarga tetap menjaga kestabilan keuangan selama melalui masa-masa sulit dalam mengobati penyakitnya.

Usia di atas 40 tahun

Faktor lainnya yang menjadi patokan untuk Anda memiliki asuransi penyakit kritis adalah usia. Risiko seseorang mengidap penyakit kritis semakin tinggi jika semakin tua usianya.

Karena itu, mereka yang telah berusia 40 tahun ke atas penting untuk membeli proteksi penyakit kritis. Meski begitu, jika Anda belum membeli asuransi kesehatan, maka sebaiknya prioritaskan terlebih dahulu proteksi tersebut sebelum menambah asuransi penyakit kritis.

Sebab, dalam asuransi kesehatan biasanya terdapat cakupan lebih luas untuk jenis penyakit daripada proteksi penyakit kritis.

Jika tertarik memiliki proteksi sakit kritis, maka Anda bisa dapatkan asuransi online terbaik. Jadi, tunggu apalagi, segera mencarinya di platform online terbaik, seperti Roojai.co.id. ***

Artikel Terkait