Daerah

Aktivis Pro Demokrasi Dorong Jenderal (Purn.) Wayangkau Sebagai Calon Gubernur Papua Barat Daya 2024

Oleh : very - Senin, 08/04/2024 21:20 WIB

Letnan Jenderal TNI (Purn) Joppye Onesimus Wayangkau. (Foto: Ist)

Papua Barat Daya, INDONEWS.ID - Sesungguhnya memilih dan dipilih merupakan hak prerogatif setiap warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan berdemokrasi.

Aktivis Pro Demokrasi, Dominggus Yable mengatakan bahwa pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat Daya 2024-2029 bukan sekadar ambisi personal atau kelompok.

“Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat Daya merupakan sebagai  momentum terbaik untuk rakyat memilih calon pemimpi masa depan yang baik, bijak, berintegritas, demokratis, visioner dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme,” ujarya melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (8/4).

Papua Barat Daya adalah Provinsi ke-38 di Indonesia yang baru saja dimekarkan dari Provinsi Papua Barat.

“Karena itu, katanya, dibutuhkan figur yang tepat, tanpa embel-embel atau kepentingan apapun untuk membangun infrastruktur, membenahi suprastruktur dan memperbaiki kualitas kehidupan rakyat Papua Barat Daya lebih baik ke depan,” katanya.

Dia mengatakan, dengan berakhirnya pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan legislatif sejak tahapan hingga pemungutan suara 14 Februari 2024 lalu, kini akan dimulai ahapan pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati khususnya di Provinsi Papua Barat Daya.

Karena itu, semua partai politik akan mengusung figur terbaiknya, baik dari internal partai maupun para tokoh dari luar partai yang dianggap potensial.

"Oleh sebab itu, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Provinsi Papua Barat Daya pada bulan November 2024 mendatang, maka PDI Perjuangan sangat berpotensi untuk mengusung salah satu figur terbaiknya yaitu bapak Letnan Jenderal TNI (Purn.) Joppye Onesimus Wayangkau sebagai calon Gubernur Papua Barat Daya 2024-2029," paparnya.

Letnan Jenderal TNI (Purn.) Joppye Onesimus Wayangkau merupakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDI Perjuangan) Provinsi Papua Barat Daya saat ini.

Dominggus mengatakan, konsolidasi partai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota hingga ranting dan anak ranting akan menyatukan kekuatan untuk mengusung beliau sebagai calon Gubernur Papua Barat Daya.

"PDI Perjuangan mengusung bapak. Letnan Jenderal TNI (Purn.) Joppye Onesimus Wayangkau yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Papua Barat Daya bukanlah suatu kebetulan tetapi itu adalah keharusan. Beliau adalah putra terbaik Papua yang pernah menjabat sebagai Pangdam Kasuari  tentunya sangat memahami berbagai macam persoalan rakyat," tutur Dominggus.

Seperti diketahui, PDI Perjuangan menepati posisi kedua jumlah kursi terbanyak di Papua Barat Daya. Walaupun harus berkoalisi dengan partai lain, namun dengan jumlah Lima (5) Kursi PDI Perjuangan di Papua Barat Daya adalah modal dasar yang cukup kuat untuk mengusung salah satu figur terbaiknya. ***

Artikel Terkait