Nasional

Pj Gubernur Agus Fatoni Terus Lakukan Upaya Kembalikan Status Sandara SMB II Palembang Menjadi Bandara Internasional

Oleh : luska - Jum'at, 03/05/2024 06:17 WIB

Palembang, INDONEWS.ID -  Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni terus melakukan sejumlah upaya guna mengembalikan status Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang kembali menjadi Bandara Internasional. Fatoni menanggapi pernyataan sikap anggota Fraksi DPRD Provinsi Sumsel H. David Hadrianto Aljufri di sela-sela Rapat Paripurna ke-LXXXIII DPRD Sumsel Tahun 2024 di Kantor DPRD Sumsel, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (2/5/2024).

“Ada 17 bandara di Indonesia yang statusnya menjadi bandara domestik, salah satunya di Palembang Sumatera Selatan. Memang ini kewenangan Kementerian Perhubungan yang penetapan dan pengumuman, tentu dengan kriteria yang sudah ditentukan,” ucap Fatoni.

Fatoni mengatakan meskipun status Bandara SMB II Palembang telah dicabut dari internasional menjadi domestik namun dia meyakini statusnya akan kembali menjadi Bandara Internasional.

“Namun kita pemerintah daerah punya peluang untuk berupaya Saya berjanji kita akan berupaya terus untuk bisa meningkatkan status bandara ini,” kata Fatoni.

Fatoni mengatakan sejumlah upaya telah dilakukan. Pada awal tahun 2024 lalu pihaknya sudah melayangkan surat resmi kepada Menteri Perhubungan untuk menambah penerbangan internasional.

“Saat awal tahun lalu bahkan saya sudah tersebar secara resmi Kepada Menteri Perhubungan untuk menambah internasional itu ke Malaysia dan Singapura. Kami juga meminta tambahan beberapa penerbangan domestik yang masuk ke Bali kemudian ke Semarang ke beberapa kota lain,” ucap Fatoni.

Bahkan, Fatoni juga telah menyampaikan hal tersebut sebanyak tiga kali kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara langsung. Hal ini tentunya bersamaan dengan pembahasan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan beberapa waktu lalu.

“Sudah kami sampaikan bukan hanya surat,  tapi saya juga sudah tiga kali  bertemu Menteri Perhubungan , bahkan kami juga pernah rapat lengkap pada saat itu saat membahas bandara Gatot Subroto Way Kanan,  itu kami juga membahas upaya-upaya ini sudah kita lakukan,” tegasnya.

“Kita akan nanti akan kita maksimalkan lagi, kami sampaikan juga telah diadakan rapat yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 29 April. Mengundang berbagai stakeholder yang ada lengkap termasuk dari pemerintah daerah dan DPRD,” tandasnya.

Sebelumnya, Anggota Fraksi DPRD Provinsi Sumsel H. David Hadrianto Aljufri mengharapkan Pj Gubernur Agus Fatoni mengambil langkah cepat untuk mengembalikan status Bandara SMB II Palembang menjadi bandara Internasional. Sementara itu, Ketua DPRD Sumsel R.A. Anita Noeringhati menyambut baik langkah yang diambil Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni.

“Apa yang dilakukan Pj Gubernur patut kita dukung dan apresiasi,” kata Anita.

Artikel Terkait