Nasional

Rumah Singgah Jokowi Milik Rio Sarwono Jadi Tempat Sholat Idul Adha Warga Gang Arab

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 17/06/2024 12:25 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Rumah singgah Jokowi yang terletak di Gang Arab, Pasar Minggu Jakarta selatan kerap dipakai umat islam di gang tersebut untuk melaksanakan Sholat Idul Adha.

Rumah yang dimiliki Rio Sarwono itu bahkan menjadi tempat berkumpul warga sekitar untuk selanjutnya melakukan penyembelihan hewan kurban.

Menariknya, rumah yang terletak di Jalan Batu Arab I nomor 3C, Pasar Minggu dengan ukuran yang terbilang sangat luas itu pernah dipakai Jokowi untuk menginap ketika awal-awal ke Jakarta.

Rumah yang diberi nama "Rumah Saya" itu memiliki desain arsitektur khas Solo. Menurut mantan pereli top nasional ini, ide membuat rumah tersebut memang sudah ada dibenaknya.

Sebab Rio mengaku bangga menjadi warga Solo dan ingin mengenalkan Solo di Jakarta. Menurutnya baru beberapa tempat saja seperti warung Solo dan Resto Solo ada di Jakarta.

"Pak Rio yang punya rumah ini. Namanya rumah saya. Sudah enam bulan dipinjam ke saya. Rumah saya bukan rumah Jokowi," ujar Jokowi, Kamis 20 September 2012 dikutip Viva.

Setiap tahun rumah ini dijadikan tempat bagi warga Gang Arab untuk melaksanakan Sholat Idul Adha dan hari-hari kebesaran lainnya.*(Rikard Djegadut).

Artikel Terkait