Bisnis

CIMB Niaga Konsisten Dukung OJK Tingkatkan Literasi Keuangan Pelajar

Oleh : rio apricianditho - Jum'at, 28/06/2024 19:47 WIB

Salah satu peserta didik SD Islam ANNURIYAH - Depok sedang mengikuti kegiatan program literasi dan inkluisi keuangan Goes To School CIMB Niaga 2024

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Bank CIMB Tbk terus berperan aktif meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di kalangan pelajar. Program ini dilakukan melalui dua kegiatan, pertama Tour de Bank (ADB) yang memperkenalkan peran dan fungsi perbankan ke siswa SD. Kedua Ayo Menabung dan berbagi (AMDB).

Direktur Compiliance, corporate afair and legal CIMB Niaga, Fransiska Oei menyatakan, kami percaya literasi keuangan merupakan soft skill penting yang harus dimiliki generasi muda agar semakin bijak dan cerdas dalam mengelola keuangan untuk masa depan.Karena itu, melalui program ini kami juga mendukung program satu rekening satu pelajar (Kejar) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menanamkan kebiasaan menabung sejak dini.

Program Literasi dan Inklusi Keuangan di kalangan pelajar telah menjadi fokus CIMB Niaga sejak 2011. Hingga Juni 2024, program tersebut telah menjangkau 90.658 pelajar di berbagai kota, khusus 2023 program ini menjangkau 27 kota dan melibatkan 7.646 pelajar dari 84 sekolah, dan berhasil membuka 1.954 rekening tabungan baru dari pelajar.

Tahun 2024 program literasi dan inklusi keuangan dilaksanakan di 20 kota, sementara di 2024 hingga Juni ini telah menjangkau beberapa kota seperti, Jabodetabek, Garut, Cianjur, Cirebon, Sukabumi, Blitar, Salatiga, Semarang dan Mojokerto. Dan melibatkan 3.385 pelajar dari berbagai sekolah. Berbeda dengan tahun sebelumnya, program tahun ini juga didukung oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang hadir langsung menyapa para siswa di SMKN 1 Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. 

"Melalui program tersebut, kami berharap dapat terus berkontribusi meningkatkan literasi keuangan masyarakat dan mendukung pencapaian tujuan inklusi keuangan nasional', ujar Fransiska.

Sementara, Tantri Rusmiyati Regional Head CIMB Niaga mengatakan, kegiatan tour de bank merupakan bentuk dukungan pihaknya sebagai lembaga keuangan terhadap program pemerintah khususnya OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Yang diimplementasikan ke CSR yaitu kegiatan menabung yang biasanya disosialisasikan ke Sekolah Menengah Pertama tapi kali ini ke Sekolah Dasar.

Ia mengakui, kegiatan tour de bank diberikan ke setiap jenjang pendidikan, dari SD, SMP, SMA hingga mahasiswa, namun kali ini CIMB Niaga mengadakan untuk pelajar SD. Sekolah Dasar yang mengikuti kegiatan Tour de Bank antara lain, SD Islam Annuriyah Depok, SDN Depok 2, SDN Depok 4, SDN Pondok Pucung 1 Bintaro, SDN Pondok Pucung 2 Bintaro, SDN Pondok Pucung 3 Bintaro, SDN Rawasari 01 Kelapa Gading, SDN Cempaka Putih Barat 07, SDN Kapuk 12 Petang, dan SDN Kapuk 01 Pagi.

Fokus dari kegiatan tour de bank adalah memberikan literasi pada saat menabung dan mengenalkan perangkat perbankan seperti teller, custumer service, dan mesin ATM. Namun kegiatan itu dikemas dalam suatu kegiatan dan permainan sehingga anak-anak lebih mudah memahami dan semangat.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga tahun 1955. Sekitar 92,5 % saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas  Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, OCTO Pay (e-money). BizChannel@CIMB, dan Bizchannel@CIMB Mobile. Mengusung brand Promise Kejar Mimpi. CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.

Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayan terbaik bagi nasabah. Per 31 Maret 2024, layanan CIMB Niaga didukung dengan 12.000 karyawan (konsolidasi), 407 kantor cabang dan jaringan (termasuk 37 digital lounges), 3.844 ATM, 670.411 EDC, QR, dan e-commerce yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Kejar Mimpi

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD15,0 miliar per 31 Maret 2024. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, syariah, serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur dan beroperasi di 8 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, dan Inggris.

Artikel Terkait