Nasional

Bahas Soal Panglima TNI, Dubes AS Datang ke Kemenlu

Oleh : hendro - Kamis, 26/10/2017 14:52 WIB

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. (istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID- Dalam rangka membahas secara langsung perihal larangan terbang terhadap Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ke Amerika Serikat pada Sabtu (21/10/2017)lalu. Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr   bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Menurut Retno, dalam pertemuannya tersebut, Dubes Donovan kembali menegaskan, larangan terbang terhadap Panglima TNI adalah sebuah kesalahan.

"This is our mistake. Kami meminta maaf dan ini tidak akan terjadi lagi," kata Retno menirukan apa yang disampaikan oleh Dubes Donovan dalam pertemuan tersebut di gedung Pancasila Kemenlu, Kamis (26/10/2017).

Bahkan sebelumnya, kata Retno, pihak Kedutaan AS telah mengeluarkan pernyataan pers yang intinya terdiri atas beberapa elemen. Pertama, fakta mengenai terjadinya delay. Kedua, faktor penyebabnya adalah kesalahan administrasi. Ketiga, Kedubes AS juga menegaskan bahwa kesalahan tersebut dengan cepat bisa diluruskan.

Dan yang keempat, jelas Retno, bahwa saat ini tidak terjadi larangan terbang dan mereka menyambut baik Jenderal Gatot yang akan bepergian ke AS. “ Keenam, menyesalkan dan meminta maaf terhadap ketidaknyamanan ini,” ujarnya.(hdr)

 

Artikel Terkait