INDONEWS.ID

  • Senin, 29/01/2018 00:08 WIB
  • Pilkada Sumsel 2018 : Cagub Aswari Rivai Ziarah ke Makam Kiai Muara Ogan

  • Oleh :
    • budisanten
Pilkada Sumsel 2018 : Cagub Aswari Rivai Ziarah ke Makam Kiai Muara Ogan
H. Aswari Rivai SE (tengah) saat berziarah ke makam Kiai Ogan. (Foto :ist)

Palembang, INDONEWS.ID -- Kiai Muara Ogan nama aslinya adalah Kiai  Masagus Haji Abdul Hamid bin Masagus Haji Mahmud Alias Kanang, menurut sejarah lahir di fajar hari tahun 1227 H. bersamaan dengan tahun 1811 M. 

Beliau lahir di kampung Karang Berahi (sekarang Kelurahan Kertapati). Oleh karena  berdomisili di tepi sungai Musi dipertemuan antara sungai Ogan dan sungai Musi tepatnya di Muara Sungai Ogan, maka kemudian beliau lebih dikenal dengan sebutan Kiai Muara Ogan atau Kiai Marogan atau Kiai Merogan. 

Baca juga : Aswari Rivai Lakukan Ground Breaking Pembangunan Mesjid

Nama ini juga dipakai sebagai nama jalan dari Simpang Empat jembatan sungai Ogan Kertapati 1 Ulu sampai ke arah Simpang Empat Kemang Agung arah jembatan Musi II Palembang. 

Ayah Kiai Muara Ogan juga seorang ulama, merupakan salah seorang murid dari Syekh Abdusshomad Al Falembani. Sedangkan ibunya bernama Verawati seorang wanita Siam (Cina). 

Baca juga : Pilkada Sumsel 2018 : Warga 5 Ulu Palembang Terkesima Melihat Keramahan Kak Wari

Kiai Muara Ogan mempunyai seorang adik laki-laki yang bernama Kiai Masagus Haji Abdul Aziz lebih dikenal sebagai Kiai Mudo, karena usianya lebih muda dari Kiai Muara Ogan. Kiai Muara Ogan merupakan keturunan dari Maulana Malik Ibrahim dan Raden Fatah, dua orang diantara Wali Songo yang terkenal.

Kiai Muara Ogan wafat malam Rabu tanggal 17 Rajab 1319 H. bersamaan tanggal 31 Oktober 1901 M. dan dimakamkan di halaman sebelah Selatan Masjid dalam usia lebih kurang lebih 90 tahun.

Baca juga : Aswari Rivai Janjikan Sekolah Gratis dan Perbaikan Infrastruktur Petani di Sumatera Selatan

Sebelum melakukan kegiatan jalan santai,  H. Aswari Rivai SE beserta Calon Walikota-Wali Kota Palembang H. Sarimuda-H. Abdul Rozak melakukan Ziarah bersma ke makan Kiai Muara Ogan, dan ini akan menjadi salah satu bekal semangatnya jika terpilih untuk memimpin Sumsel.

"Yo kak Wari tadi ziarah kemakan Kiai Muara Ogan yang disegani dan sayangi oleh masyarakat Palembang dan Kertapati. dan sampai sekarang makam beliau ini masih ramai diziarahi orang dari berbagai kalangan baik dari dalam kota maupun dari luar kota Palembang," ucap Aswari.

Dilanjutkan Aswari didampingi oleh H.Sarimuda, juga memintak doa di depan makan Kiai Muara Ogan dan restu untuk memimpin Sumatera Selatan ke depannya.

"Mudah-mudahan masyarakat Sumsel mempercayai kami untuk mengemban amanah memimpin Bumi Sriwijaya ini ke depan," kata Aswari Minggu (28/01).

Amin, kak Wari. (Prima, budsan)

Artikel Terkait
Aswari Rivai Lakukan Ground Breaking Pembangunan Mesjid
Pilkada Sumsel 2018 : Warga 5 Ulu Palembang Terkesima Melihat Keramahan Kak Wari
Aswari Rivai Janjikan Sekolah Gratis dan Perbaikan Infrastruktur Petani di Sumatera Selatan
Artikel Terkini
Amicus Curiae & Keadilan Hakim
Tiga Warga Meninggal Imbas Longsor dan Lahar Dingin Gunung Semeru
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas