INDONEWS.ID

  • Minggu, 11/03/2018 09:37 WIB
  • Presiden Jokowi Ajak Partai Demokrat Bangun Kedewasaan Berpolitik

  • Oleh :
    • very
Presiden Jokowi Ajak Partai Demokrat Bangun Kedewasaan Berpolitik
Presiden Jokowi bersalaman dengan undangan dalam Rapimnas Partai Demokrat Tahun 2018 di SICC, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (10/3). (Foto: Ist)

Bogor, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam berpolitik. Pertama, harus terus membangun kedewasaan berpolitik, etika, tata krama, dan keadaban berpolitik.

Kedua, harus membuat demokrasi lebih dirasakan oleh rakyat yaitu demokrasi yang lebih menyejahterakan rakyat, lebih memakmurkan rakyat.

Baca juga : Jokowi Perintahkan Kepala BNPB hingga Kapolri Lakukan Tanggap Darurat Gempa Bumi Jatim

“Dua hal tersebut merupakan agenda penting dalam pembangunan politik kita,” kata Presiden Jokowi ketika memberikan sambutan pada Pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat Tahun 2018 di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (10/3) siang.

Presiden mengharapkan agar kontestasi dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada), pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) harus menjunjung tinggi etika dan keadaban serta harus saling menghargai dan saling menghormati serta tidak saling mencemooh, melainkan saling adu ide, adu program dan adu gagasan.

Baca juga : Presiden Jokowi Kunjungi Lembata NTT, Pastikan Kebutuhan Korban Bencana Tercukupi

“Berbeda pendapat itu biasa tapi harus menjunjung tinggi adat ketimuran serta sopan dan santun. Persatuan dan persaudaraan harus selalu diutamakan,” tutur Presiden Jokowi seraya menambahkan, para politikus harus memberikan teladan kepada masyarakat luas dan generasi muda.

Menurut Presiden, demokrasi juga harus melahirkan watak keberpihakan terhadap rakyat, demokrasi harus diikuti dengan tata kelola pemerintahan yang baik dan peningkatan efisiensi. Selain itu, Presiden juga menyampaikan bahwa demokrasi harus mendukung inovasi kebijakan bagi lompatan pembangunan nasional.

Baca juga : Besok Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Bencana di Adonara Timur dan Lembata, NTT

Semuanya itu, lanjut Presiden, dilaksanakan agar demokrasi dapat memenangkan kompetisi global, mengentaskan kemiskinan, meningkatkan pemerataan kesejahteraan dan meningkatkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengajak keluarga besar Partai Demokrat untuk bersama-sama kami menjalankan agenda bersama tersebut,” kata Presiden di akhir sambutannya.

Dalam acara yang dihadiri oleh Presiden keenam RI yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Ani Yudhoyono serta keluarga besar Partai Demokrat itu, juga tampak hadir Wakil Presiden ke-11 RI Boediono, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (Very)

 

Artikel Terkait
Jokowi Perintahkan Kepala BNPB hingga Kapolri Lakukan Tanggap Darurat Gempa Bumi Jatim
Presiden Jokowi Kunjungi Lembata NTT, Pastikan Kebutuhan Korban Bencana Tercukupi
Besok Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Bencana di Adonara Timur dan Lembata, NTT
Artikel Terkini
Menhan Prabowo Dikabarkan Bentuk Pasukan Khusus Jaga Kementerian
Hebat! Dirut PNM Raih Penghargaan di Anugerah BUMN 2021
Top! PNM Raih 2 Penghargaan di Anugerah BUMN 2021
TNI AL Terus Mengerahkan Kapal Perang Bantu Angkut Bantuan Ke NTT
Gemparbumi Malang, Doni Monardo Akan Beri Dana Stimulan Bagi Warga
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas