INDONEWS.ID

  • Kamis, 29/03/2018 12:17 WIB
  • PUSHIDROSAL Kunjungan Staf Ahli Kementerian Kelautan dan Perikanan

  • Oleh :
    • hendro
PUSHIDROSAL Kunjungan Staf Ahli Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Harjo Susmoro saat menerima staf KKP

Jakarta, INDONEWS.ID - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal)  menerima kunjungan  empat Staf Ahli Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bertempat di Anjungan Utama Pushidrosal Jalan Pantai Kuta V/1 Ancol Timur, Jakarta Utara, Senin (28/3/2018) lalu.

Kedatangan rombongan yang terdiri dari Dr. Aryo Hanggono (Staf Ahli Menteri  bidang Ekologi dan Sumber Daya Kelautan dan  Perikanan), Drs. Riyanto Basuki (Kepala Riset Kelautan), Dr. Aulia Riza Farhan, M.Sc. (Peneliti), serta Dr. Dwiyoga Nugroho, MT (Peneliti)  tersebut diterima oleh  Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Harjo Susmoro yang didampingi Wakapushidrosal Laksamana Pertama TNI Dr. Trismadi dan beberapa pejabat utama Pushidrosal.

Baca juga : Pushidrosal Survei Hidro-Oseanografi di Perairan Belinyu

Kunjungan Staf Kementerian Kelautan dan Perikanan ini dimaksudkan untuk  mempererat tali silaturahmi antar stakeholder kemaritiman serta  meningkatkan kerjasama antara kedua institusi  yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Selain itu, event  tersebut juga dimanfaatkan sebagai wahana diskusi dan sharing tentang keamanan wilayah laut Indonesia dari sisi hidro-oseanografi.

Pada kesempatan tersebut, Kapushidrosal memaparkan tentang kiprah dan peran yang telah  dilakukan Pushidrosal  baik di tingkat nasional, regional, serta internasional  dalam rangka mendukung terwujudnya Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Baca juga : Menumbuhkan Kembali Cinta NKRI Lewat Peta

Orang nomor satu di jajaran Pushidrosal tersebut juga menjelaskan bahwa saat ini Pushidrosal telah aktif mengembangkan implementasi berbagai teknologi survei dan pemetaan terkini guna lebih meningkatkan akurasi dan ketepatan dalam menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi.

Salah satu implementasi teknologi yang dikembangkan saat ini adalah Indonesian Marine Spatial Data Infrastructure (MSDI) atau selanjutnya dikenal dengan nama Indonesian Marine Geospatial Information Center (IMaGIC), yang memuat tentang informasi data batimetri dasar laut, geologi, kewilayahan dan batas laut, area konservasi, habitat laut dan oseanografi. Selain itu juga,  juga telah dikembangkan Sistem Informasi Management (SIM) dan Marine Navigation Application (Mobile Apps) yang dioperasikan melalui Telepon Genggam (HP).   Marine Navigation Application ini berbasis IOS dan android  yang  merupakan aplikasi layanan data dan informasi hidro-oseanografi  untuk keselamatan pelayaran yang  real  time.

Baca juga : PUSHIDROSAL dan Universitas Hang Tuah Tandatangani Perjanjian Kerjasama

Menurut Kapushidrosal, berbagai hal yang telah dilakukan Pushidrosal tersebut merupakan upaya guna menjadikan Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional dan Pusat Informasi Geospasial Kelautan terbaik di dunia.

Artikel Terkait
Pushidrosal Survei Hidro-Oseanografi di Perairan Belinyu
Menumbuhkan Kembali Cinta NKRI Lewat Peta
PUSHIDROSAL dan Universitas Hang Tuah Tandatangani Perjanjian Kerjasama
Artikel Terkini
Di Acara Mengenang Tokoh Pers Nasional Prof Salim Haji Said, Pemred Asri Hadi Bertemu Bacalon Walkot Tangsel
Raih Gelar Doktor Honoris Causa Gyeongsang National University (GNU), Menko Airlangga Diakui Dedikasinya dalam Kemitraan Strategis Indonesia-Korea Selatan
ICC Terbitkan Surat Penangkapan Terkait Konflik Gaza, Hikmahanto: Tiga Alasan Masih Sulit Dilakukan
"Sekolah Damai" di SMA 3 Semarang, BNPT: Upaya Ciptakan Lingkukngan Pendidikan Aman, Damai, dan Penuh Nilai Toleransi
Perkembangan Terbaru dan "Historic Milestoe" Aturan Kesehatan Internasional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas