INDONEWS.ID

  • Senin, 23/07/2018 14:10 WIB
  • Renas 212 JPRI : Moeldoko Tandem Ideal Jokowi

  • Oleh :
    • budisanten
Renas 212 JPRI : Moeldoko Tandem Ideal Jokowi
Jenderal TNI Purn Moeldoko diprediksi jadi tandem idel Capres Jokowi pada Pilpres 2019. (fok:Dok)

Jakarta, INDONEWS.ID – Siapa tandem Capres Joko Widodo atau Jokowi yang paling pas pada Pilpres 2019. Berbagai kalkulasi politik pun dilakukan berbagai institusi. Banyak yang menempatkan Jenderal TNI Purnawirawan Moeldoko sebagai tandem ideal Jokowi.

Mereka menyebutkan bahwa pada Pilpres 2019, komposisi sipil-militer dinilai paket terbaik untuk menjawab tantangan Indonesia di masa mendatang. Juga ada yang menyebutkan bahwa paket sipil-sipil seperti Jokowi-Jusuf Kalla pada periode 2014-2019.

Baca juga : Skenario di Balik Tersingkirnya Moeldoko Jadi Menkopolhukam

Sekjen Relawan Nasional 212 Jokowi Presiden Republik Indonesia (Renas 212 JPRI), M Adnan Rarasina mengatakan, Moeldoko adalah orang yang paling ideal untuk mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019. 

"Dengan posisi Pak Moeldoko sebagai seorang militer dan mantan Panglima TNI, hal ini akan menjadi keuntungan sendiri bagi Pak Jokowi jika ditandemkan dengan Pak Moeldoko," kata M Adnan Rarasina kepada wartawan, Senin (23/7/2018).

Baca juga : Moeldoko: Presiden Jokowi Tak Pernah Abaikan Suara Publik

Dikatakan, Renas 212 JPRI memiliki perhitungannya. Karena dengan latar belakang militer, Moeldoko sangat dekat dengan berbagai latar belakang.

Dia juga memiliki kedekatan dengan kalangan umat muslim. Merunut dari sejarah, TNI merupakan anak kandung rakyat. TNI ini didirikan oleh laskar-laskar dengan latar kiai, ulama, dan santri.

Baca juga : Moeldoko: 5 Fenomena Global Jadi Tantangan Mahasiswa ke Depan

"Pak Moeldoko ini sangat memahami proses berdirinya NKRI. Memahami jiwa kebangsaan, Indonesia, dan Islam adalah satu kesatuan. Ibarat dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan untuk menjaga tegak dan keutuhan NKRI," jelasnya.

Sebagai figur seorang militer yang paripurna, Renas 212 JPRI pun percaya bila Moeldoko akan berdiri seimbang. Mengayomi dua pilar penting. Menjaga tegak dan utuhnya NKRI.

Moeldoko juga sekaligus sebagai pengayom umat Islam. Umat yang menjadi bagian penting perjalanan sejarah NKRI bersama elemen bangsa lainnya. (ato)

Artikel Terkait
Skenario di Balik Tersingkirnya Moeldoko Jadi Menkopolhukam
Moeldoko: Presiden Jokowi Tak Pernah Abaikan Suara Publik
Moeldoko: 5 Fenomena Global Jadi Tantangan Mahasiswa ke Depan
Artikel Terkini
Jaksa Tuntut Rizieq 2 Tahun Penjara Terkait Kasus Kerumunan Petamburan
Azis Syamsuddin Diperiksa Terkait Penyidik Stepanus
Pembangunan Tidak Berkesinambungan, Banyak Pihak Dukung Pentingnya Haluan Negara
TNI AL Laksanakan Swab Antigen Pasca Libur Idul Fitri
Menkeu Naikkan PPN, Rizal Ramli: Cara-cara Panik dan Tidak Kreatif
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas