INDONEWS.ID

  • Kamis, 24/01/2019 11:05 WIB
  • OTT Perdana Tahun 2019, KPK Amankan Bupati Mesuji Terkait Kasus Suap

  • Oleh :
    • Ronald
OTT Perdana Tahun 2019, KPK Amankan Bupati Mesuji Terkait Kasus Suap
Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan dalam OTT perdana ini, KPK mengamankan satu kepala daerah (Bupati) beserta tujuh orang lainnya di lokasi yang berbeda.

Jakarta, INDONEWS.ID - Untuk pertama kalinya diawal tahun 2019, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT). Sementara dalam OTT perdana ini, KPK mengamankan satu kepala daerah (Bupati) beserta tujuh orang lainnya di lokasi yang berbeda.

"KPK mengkonfirmasi, benar tim telah ditugaskan ke Lampung. Kegiatan tangkap tangan dilakukan malam ini hingga dini hari di 3 lokasi di Lampung, yaitu: Bandar Lampung, Lampung Tengah dan Mesuji. Sampai saat ini diamankan 8 orang dari unsur Kepala Daerah/Bupati, PNS dan Swasta," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Kamis (24/1/2019).

Dalam operasi tersebut (OTT), diduga yang tertangkap adalah Bupati Mesuji yang bernama Khamami.

"Bupati, tadi yang diamankan adalah Bupati salah satunya. Kemudian ada pihak swasta dan unsur pegawainya. Bupatinya 1 orang tapi ada beberapa pihak yang diamankan di 3 lokasi tersebut," imbuh Febri.

Dirinya juga menambahkan bahwa saat ini KPK menduga dalam OTT tersebut berkaitan dengan kasus suap proyek infrastruktur di Dinas PUPR Kabupaten Mesuji.

"Setelah kami mendapatkan informasi dari masyarakat dan lakukan pengecekan lapangan, kami dapatkan bukti awal diduga telah terjadi transaksi suap terkait proyek-proyek infrastruktur di Dinas PUPR di Kab.Mesuji. Diduga merupakan realisasi komitmen fee proyek-proyek yang dianggarkan tahun 2018 lalu," lanjut Febri.

KPK juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa uang dalam pecahan Rp100 ribu dalam kardus, namun sampai dengan saat ini belum diketahui jumlah pastinya berapa dikarenakan masih dalam proses perhitungan.

Sebagaimana diatur dalam KUHAP, maka KPK memiliki waktu maksimal 1 x 24 jam untuk menentukan status pihak-pihak yang diamankan. (ronald)



 




 

Baca juga : Koalisi Masyarakat Sipil Laporkan Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Pesawat Mirage 2000-5 ke KPK
Artikel Terkait
Koalisi Masyarakat Sipil Laporkan Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Pesawat Mirage 2000-5 ke KPK
KPK Panggil 2 Saksi Terkait Korupsi Pengadaan APD di Kemenkes
Hasto Kristiyanto Sebut Pemanggilan Ribka Tjiptaning sebagai Kriminalisasi
Artikel Terkini
Kisah AO PNM Mekaar, Keluar Zona Nyaman untuk Beri Kenyamanan Keluarga
Paskah 2024, ASN DKI Jakarta Berwisata Bersama 500 Anak Panti Asuhan
Banjir Rendam Satu Desa di Subulussalam, Aceh
Dansatgas Yonif 742/SWY Kunjungi Salah Satu SD Darurat di Perbatasan RI-RDTL
Kawal Pemerintahan Baru, Tokoh Lintas Agama: Jika Ada Kurang-kurangnya Kita Perbaiki
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas