INDONEWS.ID

  • Minggu, 27/01/2019 10:50 WIB
  • Hadapi Puncak Musim Hujan, BMKG Imbau Masyarakat Untuk Waspada

  • Oleh :
    • Ronald
Hadapi Puncak Musim Hujan, BMKG Imbau Masyarakat Untuk Waspada
Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo, bahwa dampak dari curah hujan tinggi akan memicu bencana Hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang, dan angin kencang yang meningkat pada akhir Januari 2019.

Jakarta, INDONEWS.ID - Menghadapi periode puncak musim hujan 2019, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan siaga.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo, bahwa dampak dari curah hujan tinggi akan memicu bencana Hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang, dan angin kencang yang meningkat pada akhir Januari 2019.

Baca juga : BMKG : Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari curah hujan tinggi dan angin kencang yang akan terjadi pada akhir Januari 2019 ini. Antara lain potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” imbau Mulyono dalam keterangannya, Minggu (27/1/2019).

Ia menyampaikan juga ada beberapa wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat untuk periode 27 sampai 30 Januari 2019, antara lain daerah Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca juga : Modifikasi Cuaca, Strategi BMKG Minimalisir Cuaca Ekstrem Selama Lebaran

Oleh karena itu dirinya juga meminta agar masyarakat tetap memperbarui dan memantau informasi dari BMKG serta instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencana hidrometeorologi dapat dilakukan dengan baik.

Mulyono juga menginformasi cuaca terkini dapat diakses melalui website BMKG, akun instagram dan twitter @infobmkg, aplikasi iOS dan android "Info BMKG" atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (ronald)

 

Baca juga : BMKG: Gempa Berkekuatan 5,7 Magnitudo Guncang Bayah Banten
Artikel Terkait
BMKG : Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan
Modifikasi Cuaca, Strategi BMKG Minimalisir Cuaca Ekstrem Selama Lebaran
BMKG: Gempa Berkekuatan 5,7 Magnitudo Guncang Bayah Banten
Artikel Terkini
Ke Perbatasan Papua, BNPP Pastikan Pembangunan Infrastruktur Berjalan
Sri Agustin, Nasabah Mekaar Yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel
DJP Jaksel II Resmikan Tax Center STIH IBLAM
Prof Tjandra: Lima Komponen Penting Pengendalian Malaria
Pimpin Peringatan Hari Otonomi Daerah, Mendagri Tekankan soal Pembangunan Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas