INDONEWS.ID

  • Sabtu, 16/02/2019 12:01 WIB
  • KPU Ubah Tatanan Panggung Debat Kedua Capres 2019

  • Oleh :
    • luska
KPU Ubah Tatanan Panggung Debat Kedua Capres 2019
Ilustrasi gedung KPU (istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam debat Kedua capres 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengubah tata panggung di sekitar kandidat debat, hal tersebut lantaran tatanan panggung di debat pertama dinilai kaku dan kurang eksploratif.

Panggung debat kedua antar capres Pemilu 2019 tak lagi menggunakan podium. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan menyebut, kedua capres hanya dibekali kursi dan sebuah meja kecil di sebelah tempat duduk.

Baca juga : Cawapres Mahfud Tegaskan Hak Angket Tidak Akan Ubah Keputusan KPU dan MK

"Kalau ada kursi ada meja kecil disamping, kita kan pengen suasana rileks, kalau ada podium kan tegang. Yang penting soundnya tetep oke, mereka bisa tampil rileks," tutur Wahyu di Hotel Mercure Sabang, Jakarta Pusat, Jumat (15/2/2019).

Lanjutnya, KPU membebaskan para peserta debat untuk mengunakan penyediaan sebuah kursi dan meja kecil di atas panggung itu untuk duduk dan menaruh catatan, ataupun tidak sama sekali.

Baca juga : Komnas HAM Desak KPU Penuhi Hak Warga Dapatkan Informasi yang Akurat

"Jadi nanti konsepnya ada kursi, tetapi kursi itu bisa di duduki bisa juga tidak, tetapi kita menyiapkan kursi. Jadi tidak wajib duduk. Jadi kalau mau duduk ya silakan, mau berdiri juga silakan," ucap dia.

Debat kedua terdiri dari enam segmen, di mana segmen pertama, para calon presiden akan memaparkan visi-misi mereka seperti debat perdana kemarin. Lanjut ke segmen kedua dan ketiga, diisi oleh pertanyaan yang telah disusun oleh tim panelis.

Baca juga : KPU: Sirekap Sempat Dihentikan Sementara untuk Sinkronisasi Data

Masuk ke segmen keempat, berformat debat eksploratif (tarung bebas) dengan pemantik diskusi berupa tayangan video singkat yang disiapkan tim panelis. KPU RI sudah membuat video dari masing-masing tema, namun hanya satu video yang akan ditampilkan.

Pada segmen kelima, kedua capres akan saling mengajukan pertanyaan terbuka alias bebas yang ditujukan kepada capres lainnya. Segmen keenam atau terakhir, kedua capres memberikan pernyataan penutup yang bersifat membangun.

Debat yang akan digelar di Hotel Sultan pada 17 Februari akan menggagas tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Debat yang dimoderatori oleh Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki ini disiarkan oleh stasiun televisi RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV. (Lka)

Artikel Terkait
Cawapres Mahfud Tegaskan Hak Angket Tidak Akan Ubah Keputusan KPU dan MK
Komnas HAM Desak KPU Penuhi Hak Warga Dapatkan Informasi yang Akurat
KPU: Sirekap Sempat Dihentikan Sementara untuk Sinkronisasi Data
Artikel Terkini
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas