INDONEWS.ID

  • Jum'at, 22/02/2019 20:45 WIB
  • Undip dan FHNW Olten-Swiss Lakukan Kerjasama dan MOU

  • Oleh :
    • hendro
Undip dan FHNW Olten-Swiss Lakukan Kerjasama dan MOU
Duta Besar RI Bern, Muliaman D. Hadad saat mendampingi Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M. Hum., telah menandatangani memorandum saling pengertian (MoU) dengan pihak Fachhochschule Nordwestschweiz (University of Applied Sciences and Arts Northwestern/FHNW) Olten, Swiss yang diwakili oleh Prof. Dr. Markus Freiburghaus

Bern, INDONEWS.ID - Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M. Hum., telah menandatangani memorandum saling pengertian (MoU) dengan pihak Fachhochschule Nordwestschweiz (University of Applied Sciences and Arts Northwestern/FHNW) Olten, Swiss yang diwakili oleh Prof. Dr. Markus Freiburghaus, Kepala Bidang Pendidikan, Sekolah Bisnis FHNW, pada tanggal 12 Februari 2019 lalu.

Pendidikan vokasi merupakan fokus utama Pemerintah RI yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan kompeten dengan kualifikasi yang cocok dengan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Swiss sebagai negara yang memiliki sistem pendidikan dan pelatihan vokasi (dual vocational education and training/dVET) terbaik di dunia, merupakan negara yang tepat untuk menjalin kerja sama.

Baca juga : Wakil Kanselir Jerman: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Salah Satu Tertinggi di Kawasan Asia Tenggara

MoU ini diharapkan menjadi jalan pembuka bagi kerja sama pendidikan vokasi antara Swiss dengan Indonesia. “Selanjutnya kami akan membicarakan rencana pertukaran pelajar dan perbandingan kurikulum di Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro”, ujar Rektor Yos Johan Utama.

Duta Besar RI Bern, Muliaman D. Hadad yang mendampingi Rektor Universitas Diponegoro menyambut positif penandatanganan MoU dimaksud, mengingat reputasi dan komitmen Swiss dalam pengembangan pendidikan vokasi di dunia. Dubes Muliaman juga mengungkapkan bahwa MoU ini telah diupayakan sejak beberapa bulan lalu. “Kerja sama bilateral Indonesia-Swiss saat ini tengah diperkuat pada bidang kerja sama bidang vokasi. Oleh karena itu, kami terus dorong agar kerja sama antar universitas di kedua negara menjadi lebih intens,” pungkasnya. 

Baca juga : Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Dalam rangkaian kunjungan ke Swiss dimaksud, Rektor Universitas Diponegoro juga melakukan kunjungan kerja ke Association for Swiss International Development Initiatives (SITECO) di Zurich, serta ke International Management Institute (IMI) di Luzern untuk menjajaki kerja sama lebih lanjut terkait pendidikan vokasi.
 

Baca juga : Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Artikel Terkait
Wakil Kanselir Jerman: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Salah Satu Tertinggi di Kawasan Asia Tenggara
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Artikel Terkini
Sudah Dibatalkan MK, Partai Buruh Akan Gugat Aturan Pencalonan Pilkada
Update Banjir Bandang di Agam, Korban Meninggal 19 Orang
KNKT Minta Semua Pihak Buat Rencana Perjalanan Wisata yang Baik dan Bijak
Akibat Banjir Bandang Di Tanah Datar, 8 warga Tewas dan 12 Orang Masih dinyatakan hilang
Pj Gubernur Agus Fatoni Lepas Keberangkatan 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas