INDONEWS.ID

  • Sabtu, 16/03/2019 23:55 WIB
  • OTT Romahurmuziy dan Implikasi Politisnya Terhadap Kubu 01

  • Oleh :
    • very
OTT Romahurmuziy dan Implikasi Politisnya Terhadap Kubu 01
Pengamat politik dari President University AS Hikam. (Foto: channel indonesia)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Dalam dialog dengan sebuah televisi swasta, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD pernah mengatakan bahwa Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tidak berdaya menghadapi praktik curang yang dilakukan oleh Ketum PPP, Romahurmuziy, alias Rommy, yang mempermaikan jabatan-jabatan di Kementerian Agama.

"Nampaknya Menteri Agama kurang berdaya dengan orang ini (Rommy, red.), sehingga jabatan-jabatan itu di departemen agama, menteri agamanya kurang berdaya untuk menentukan pejabat-pejabat, saya sudah laporkan ini ke pihak terkait untuk ditertibkan secara adminsitratif, kalau begini terus, ini hanya waktu yang ditunggu," ujar Mahfud MD.

Baca juga : JK Negarawan Luwes dan Selalu Menjaga Tali Silaturahim

Pengamat politik dari President University, Muhammad AS Hikam mengatakan, bahwa dirinya cenderung percaya terhadap pertanyaan Mahfud MD tersebut.

“Mengerikan jika Presiden Jokowi tak segera membabat habis praktik lancung di lembaga Negara yang ditugasi mengurus persoalan bangsa terkait dengan kehidupan beragama dan ummat beragama itu,” ujar Hikam.

Baca juga : Kartelisasi Politik dan Masa Depan Demokrasi Indonesia

Hikam mengatakan, naga-naganya, korupsi di Kementerian Agama tersebut sudah begitu akut, ibarat kanker stadium 3 atau 4. Bukan hanya yang di pusat, tetapi menggurita sampai di lapis terbawah. Korupsi itu bukan hanya dilakukan oleh oknum di lembaga tersebut, tetapi sudah berkolusi dengan para politisi dan parpol.

Karena itu, skandal operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Rommy adalah indikasi yang bisa dijadikan landasan untuk dilakukan pemeriksaan tuntas. “Saya tidak percaya bahwa kasus ini akan hanya berpengaruh kepada PPP dan Ketumnya saja, tetapi akan berdampak kepada citra Pemerintah Presiden Jokowi,” ujarnya.

Baca juga : Jubir Presiden Pastikan Jokowi Hadiri Penutupan Kongres Partai Nasdem

Jika kubu Capres 01 hanya sibuk melakukan manajemen kontrol politik dengan berusaha memisahkan kasus tipikor Rommy dengan kampanye Pilpres Presiden Jokowi, maka akan sia-sia belaka. “Malah berpotensi backlash dari kubu lawan. Saya kira harus ada semacam ‘political delinking & disengagement’ terhadap Rommy oleh PPP, Presiden Jokowi, dan parpol pendukung paslon 01,” ujarnya. (Very)

Artikel Terkait
JK Negarawan Luwes dan Selalu Menjaga Tali Silaturahim
Kartelisasi Politik dan Masa Depan Demokrasi Indonesia
Jubir Presiden Pastikan Jokowi Hadiri Penutupan Kongres Partai Nasdem
Artikel Terkini
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
PTPN IV Regional 4, Bangun Tempat Wudhu Masjid Tuo
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas