INDONEWS.ID

  • Minggu, 02/06/2019 10:28 WIB
  • Iftar KBRI Amman Bersama Warga Palestina di Gaza

  • Oleh :
    • hendro
Iftar KBRI Amman Bersama Warga Palestina di Gaza
KBRI Amman melaksanakan kegiatan sosial penyaluran donasi kemanusiaan melalui iftar bersama warga Palestina di Gaza. 

Amman, INDONEWS.ID - Bertepatan dengan hari lahir Pancasila 1 Juni 2019, Dharma Wanita Persatuan (DWP) bekerjasama dengan KBRI Amman melaksanakan kegiatan sosial penyaluran donasi kemanusiaan melalui iftar bersama warga Palestina di Gaza. 

Dalam rangka mengisi bulan suci Ramadan, iftar bersama sekitar 700 warga Palestina mengambil lokasi di kamp pengungsi Deir Balah, Gaza Tengah. Kegiatan yang dihadiri anak yatim  dan keluarga dhuafa ini dikoordinasi oleh sukarelawan kemanusiaan KBRI Amman, Abdullah Onim, bekerjasama dengan lembaga Nusantara Palestine Center (NPC). 

Baca juga : Wakil Kanselir Jerman: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Salah Satu Tertinggi di Kawasan Asia Tenggara

Dengan menu iftar yang terdiri dari kurma, air mineral, minuman ringan dan nasi ayam panggang, ratusan warga Gaza sangat menikmati hidangan tersebut. Bagi mereka bantuan makanan seperti ini sangat berarti untuk meringankan beban penderitaan warga Palestina di Gaza yang masih terus menghadapi krisis ekonomi dan kesulitan hidup akibat blokade Israel yang berkepanjangan.

Para anak yatim dan keluarga dhuafa ini juga terharu dan bahagia karena masyarakat Indonesia selalu memberi perhatian dan dukungan bagi warga Palestina, baik di Tepi Barat maupun di Jalur Gaza.

Baca juga : Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Secara terpisah, Dubes RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada  sejumlah kalangan di tanah air yang terus memberikan perhatian, dukungan dan bantuan kemanusiaan kepada Palestina.

“Sejak dua tahun terakhir, bantuan kemanusiaan yang telah disalurkan kepada Palestina, termasuk para pengungsi, mencapai $4,5 juta atau sekitar Rp. 65 miliar,” ujar Dubes Andy.

Baca juga : Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel

Dalam suasana Ramadan yang penuh berkah, warga Gaza yang menghadiri iftar bersama 
menitipkan salam dan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah Indonesia dan lembaga kemanusiaan yang hingga kini terus berkomitmen memberikan dukungan kepada rakyat Palestina, baik dari segi materi maupun moril. 

Menurut pejabat Kementerian Kesehatan Gaza, Mukhlis, donasi  yang dikumpulkan oleh DWP dan disalurkan oleh KBRI Amman dalam bentuk iftar bersama adalah bentuk kepedulian sosial yang tinggi dari masyarakat Indonesia.

“Bantuan ini sangat tepat waktu dan sangat dibutuhkan bagi warga Gaza ditengah blokade Israel. Untuk itu, sekali lagi terima kasih atas bantuan ini,” ucap Mukhlis.

Blokade Israel di Gaza telah berlangsung lebih dari 10 tahun, termasuk konfik terbuka dengan Israel pada tahun 2008 dan 2014 yang menelan korban ribuan jiwa warga sipil Palestina. Setahun terakhir ini, baik Hamas maupun Israel terlibat beberapa kali saling serang roket dan rudal, yang menambah situasi di Gaza semakin buruk. 

 

Artikel Terkait
Wakil Kanselir Jerman: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Salah Satu Tertinggi di Kawasan Asia Tenggara
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Artikel Terkini
Didik J Rachbini: Salim Said Maestro Intelektual yang Paling Detail dan Mendalam
Penyumbang Devisa Negara, Pemerintah Harus Belajar dari Drama Korea
Bupati Tanahdatar buka Grand Opening Sakato Aesthetic
Strategi Implementasi "Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila", Menyemai Nilai Kebangsaan di Tengah Tantangan Zaman
Satgas Yonif 742/SWY Perkenalkan Ecobrick Kepada Para Murid Di Perbatasan RI- RDTL
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas