INDONEWS.ID

  • Selasa, 25/06/2019 22:01 WIB
  • Menteri Eko Apresiasi Program Desa Sejahtera dari Astra

  • Oleh :
    • indonews
Menteri Eko Apresiasi Program Desa Sejahtera dari Astra
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo. (Foto:Kumparan.com)

Jakarta, INDONEWS.ID -  Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, memberi apresiasi kepada PT Astra International Tbk. Apresiasi tersebut diberikan atas inisiatif Astra mendorong program ril di Desa.

Menteri Eko sendiri menjelaskan kepada Astra bahwa pembangunan di Desa memiliki tantangan tersendiri. Namun, ia menegaskan, jika berani memulai, pasti ada hasil baik yang akan didapatkan.

Baca juga : "Sekolah Damai" di SMA 3 Semarang, BNPT: Upaya Ciptakan Lingkukngan Pendidikan Aman, Damai, dan Penuh Nilai Toleransi

"Astra harus bersabar dalam membangun desa, karena mayoritas kepala desa masih lulusan SD dan SMP. Jadi butuh ketekunan," kata Eko di Jakarta, Selasa,(25/06)

Program Desa Sejahtera seperti dicanangkan oleh PT.Astra, jelas Eko, sangat membantu masyarakat di Desa. Program ini akan membantu meningkatkan pemerataaan pembangunan serta mengurangi kesenjangan yang masih ada.

Baca juga : Perkembangan Terbaru dan "Historic Milestoe" Aturan Kesehatan Internasional

Saat ini, kata Menteri Eko, penyerapan dana desa mengalami peningkatan yang sangat siginfikan. Karena itu, ada program yang disertai pendampingan kepada Kepala Desa akan sangat membantu mengatasi masalah di Desa.

"Kepala desa ini kalau didampingi, mereka mampu. Jadi Astra jangan kecil hati. Penyerapan dana desa tahun 2015 sebesar 82,72 persen dari Rp 20,67 triliun, namun mengejutkan pada tahun 2016 yang penyerapannya meningkat tajam 97,65 persen menjadi Rp 46,9 triliun. Bahkan tahun lalu (2018) sudah lebih dari 99 persen (penyerapan dana desa) dari Rp 69 triliun," jelasnya.

Baca juga : Semangat Kebangkitan Nasional: Perjalanan Inspiratif Mila dari Serang, Banten

Ia pun meminta kepada PT Astra untuk tidak hanya memberikan bantuan berupa finansial. Astra bisa melakukan pendampingan dan penyedian pasar sesuai dengan kebutuhan masyarakat Desa.

"Semoga ini menginspirasi perusahaan lainnya. Astra sekali kick off (desa sejahtera Astra 2019) 275 desa. Ini luar biasa," ungkapnya.

Sementara itu, Deputy Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk, Riza Deliansyah menegaskan, perkembangan Astra tidak lepas dari peningkatan ekonomi masyarakat. Karena itu, pihaknya berusaha membantu masyarakat Desa melalui program yang sudah dicanangkan Astra.

"Sudah ada sebanyak 370 Desa Sejahtera Astra. Hari ini kita kick off sebanyak 275 desa. Jadi totalnya ada 645 desa," ungkapnya.

Adapun sumber pendanaan program Desa Sejahtera ini berasal dari  CSR PT Astra International Tbk di bidang kewirausahaan. Program ini akan konsen dalam berbagai bidang di antaranya pelatihan, pendampingan, penguatan kelembagaan, bantuan prasarana, hingga fasilitas modal usaha dan pemasaran.

"Hampir 75.000 desa adalah menjadi tugas kita bersama untuk menjadikannya desa mandiri," tutupnya. (Marsi)

Artikel Terkait
"Sekolah Damai" di SMA 3 Semarang, BNPT: Upaya Ciptakan Lingkukngan Pendidikan Aman, Damai, dan Penuh Nilai Toleransi
Perkembangan Terbaru dan "Historic Milestoe" Aturan Kesehatan Internasional
Semangat Kebangkitan Nasional: Perjalanan Inspiratif Mila dari Serang, Banten
Artikel Terkini
"Sekolah Damai" di SMA 3 Semarang, BNPT: Upaya Ciptakan Lingkukngan Pendidikan Aman, Damai, dan Penuh Nilai Toleransi
Perkembangan Terbaru dan "Historic Milestoe" Aturan Kesehatan Internasional
Semangat Kebangkitan Nasional: Perjalanan Inspiratif Mila dari Serang, Banten
HUT Minahasa Tenggara ke 17, Pj Bupati Maybrat Saksikan Festival Benlak 2024 dan Makan Malam Bersama di Ranumboloy Water Park
PJ Bupati Maybrat Hadiri Pentas Seni Festival Benlak 2024 HUT Minahasa Tenggara ke 17
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas