INDONEWS.ID

  • Selasa, 02/07/2019 11:33 WIB
  • Berbagi Pengalaman Penanganan Terorisme, BNPT Akan Kirim Tenaga Ahli ke BKA Jerman

  • Oleh :
    • very
Berbagi Pengalaman Penanganan Terorisme, BNPT Akan Kirim Tenaga Ahli ke BKA Jerman
Kepala BNPT, Komjen Pol Drs. Suhardi Alius, MH, menerima kunjungan Wakil Presiden (Vice-President) BKA, Michael Kretschmer, di kantor BNPT yang berada di salah satu Gedung Kementerian di Jakarta, Senin (1/7/2019). (Foto: Ist)

 

Jakarta – Upaya kerjasama penanggulangan terorisme yang dilakukan pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme bersama pemerintah Jerman melalui Badan Anti Terornya (The Bundeskriminalamt / BKA) semakin diintensifkan. Apalagi dengan melihat upaya BNPT dalam penanggulangan terorisme selama ini, BNPT akan mengirimkan tenaga ahli ke BKA Jerman untuk berbagi pengalaman dalam menangani masalah terorisme  

Baca juga : Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya

Hal ini terlihat saat Kepala  BNPT, Komjen Pol Drs. Suhardi Alius, MH, menerima kunjungan Wakil Presiden (Vice-President) BKA, Michael Kretschmer, di kantor BNPT yang berada di salah satu Gedung Kementerian di Jakarta, Senin (1/7/2019).

“Selama ini  kita sudah lama bekerjasama dengan pihak BKA ini dan kita akan saling tukar-menukar ekspertise atau tenaga ahli kita untuk memberikan sharing information kepada Jerman untuk memberikan masukan dalam rangka penanggulangan terorisme yang sudah kita jalani,” ujar Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, MH, usai pertemuan.

Baca juga : Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78

Lebih lanjut Kepala BNPT menjelaskan, hal ini dikarenakan negara Jerman juga menghadapi masalah kontra terorisme yang cukup signifikan. Salah satu contohnya adalah ada 1.000 lebih Foreign Terrorist Fighter (FTF) yang berada di Jerman.

“Untuk itu kita ingin memberikan pengalaman kita kepada Jerman dalam menangani FTF ini. Dan kita akan selalu berhubungan dalam masalah penanggulangan terorisme ini untuk kebaikan antar kedua negara ini,” ucap alumni Akpol tahun 1985 ini

Baca juga : Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum

Dikatakan mantan Kabareskrim Polri ini, selanjutnya selain mengirimkan tenaga ahli, BNPT dan BKA akan mengadakan seminar internasional yang akan dihadiri oleh seluruh dunia termasuk Indonesia. “Dan nanti yang jadi host adalah pihak Jerman dan Indonesia sebagai co-host. Tentunya ini untuk kebaikan semuanya,” ucap mantan Kapolda Jawa Barat ini.

Untuk itu pria kelahiran Jakarta, 10 Mei 1962 ini berharap agar kerjsama dengan BKA ini dapat terus meningkat dari tahun ke tahun. Dimana kerjasama dengan BKA ini adalah suatu program yang sanga luar biasa, apalagi kedua belah pihak juga sudah saling berkunjung sebelumnya.

“Dan dalam tempo singkat saja kita sudah saling berkunjung, saya kesana (BKA) dan beliau sudah dua kali ke Indonesia, di mana Kretschmer ini sudah melihat juga pusat deradikalisasi kita di Sei Mencirim (Deli Serdang)Sumatera Utara,” ucap mantan Kepala Divisi Humas Polri ini.

Dan ini adalah kunjungan kedua kalinya BKA ke Indonesia yang langsung datang ke ibukota Indonesia di  Jakarta, yang mana sebelumnya BKA langsung mengunjungi pusat deradikalisasi di Sei Mencirim tanpa melalui ibukota Jakarta terlebih dahulu.

“Kretschmer ingin melihat kantor kita. karena saya juga sudah melihat kantor beliau (di Jerman) dan saat hari ini beliau datang di Jakarta beliau juga ingin melihat kantor saya yang ada di Jakarta. Dan dalam kesempatan yang akan datang nanti beliau juga akan kita ajak juga ke kantor kita yang ada di Sentul,” kata mantan Wakapolda Metro Jaya ini mengakhiri.

(Wakil Presiden (Vice-President) BKA, Michael Kretschmer dan tim, foto bersama Kepala BNPT, Komjen Pol Drs. Suhardi Alius, MH, di kantor BNPT. Foto: Ist

Sementara itu Vice-President BKA, Michael Kretschmer, mengatakan bahwa kunjungannya ke BNPT adalah untuk melakukan penyusunan kerja sampa lebih lanjut dalam lingkup penanggulangan dan pencegahan terorisme.

“Selama ini Indonesia memiliki pendekatan yang baik dalam hal ini, khususnya BNPT. Dan tentunya penting bagi kami untuk memiliki hubungan kerja sama dan rasa persaudaraan yang baik bersama BNPT,” ucap Michael Kretschmer

Lebih lanjut Kretschmer mengatakan bahwa selama ini dirinya melihat kinerja BNPT dalam upaya untuk penanggulangan terorisme sangat baik. “Sebagaimana yang saya dengar dari perwakilan saya di Jakarta, BNPT memiliki polisi, penegak hukum yang profesional, organisasi dan badan yang baik juga,” ucap Kretschmer.

Untuk itu menurut, Kretschmer dengan melihat kinerja BNPT yang baik dalam upaya penanggulangan terorisme itu dirinya berharap hubungan antara BKA dengan BNPT bisa terjalin dengan sangat baik. “Kami mencoba untuk membuat kerja sama ini lebih baik dan kami yakin akan bisa mencapai lebih baik lagi kedepannya,” katanya mengakhiri.

Seperti diketahui, The Bundeskriminalamt (BKA) Jerman ini adalah instansi yang mengoordinasikan kerja sama dan menyelidiki kejahatan terorganisir internasional, terorisme dan lainnya yang berkaitan keamanan nasional. BKA kini terus berupaya memperkuat investigasi potensi terorisme berskala internasional salah satunya dengan menggandeng BNPT yang dinilai telah berpengalaman dalam menangani maalah terorisme.

Turut mendampingi Kepala BNPT dalam menerima kunjungan dari BKA tersebut yakni Sekretaris Utama (Sestama) BNPT, Marsda TNI Dr. Asep Adang Supriyadi, Deputi I bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi, Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis, Deputi II bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan, Irjen Pol. Drs. Budiono Sandi, M. Hum, Plt. Deputi III bidang Kerjasama Internasional Brigjen TNI (Mar) Yuniar Lutfi.

Pejabat BNPT laiinya yang turut mendampingi yakni Direktur Bilateral, Brigjen Pol Drs Kris Erlangga Aji Widjaya , Direktur Pencegahan Brigjen Pol Ir. Hamli, ME, dan Direktur Deradikalisasi, Prof Dr. Irfan Idris, MA. SementaraKretschmer sendiri tampak didampingi perwakilan Kedutaan Jerman untuk Indonesia. (Very)

 

Artikel Terkait
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Artikel Terkini
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas